Follow Us

Anyaman Bambu untuk Back Panel Dapur

Devi F. Yuliwardhani - Jumat, 19 Juli 2013 | 07:03
Anyaman Bambu untuk Back Panel Dapur
Devi F. Yuliwardhani

Anyaman Bambu untuk Back Panel Dapur

Sebagai pakar struktur bambu, Ir. Budi Faisal, yang juga pengajar di Jurusan Arsitektur ITB memiliki solusi kreatif untuk menjadikan bambu sebagai elemen interior yang cantil. Anyaman bambu, yang dulu sering digunakan di rumah-rumah kampung, dijadikan bagian dari percantikan interior. Budi menempatkannya di area back panel (dinding belakang dapur yang terlihat di antara kabinet atas dan top table dapur).

Bambu adalah solusi ramah lingkungan yang bisa dimanfaatkan secara luas. Bambu lebih cepat tumbuh, dan mudah diaplikasikan. Penggunaannya tak hanya untuk struktur, tapi rupanya juga bisa untuk elemen interior. Menggunakan bambu sebagai elemen dekorasi ruang membuat ruang menjadi terasa lebih sejuk dan ramah lingkungan. Di sisi lain, kita pun bisa ikut melestarikan alam dan budaya lokal.

Nah, di dapur yang menjadi contoh, bambu dipergunakan sebagai elemen untuk melapis back panel. Back panel yang dulunya lebih banyak berupa dinding "biasa" atau dinding yang dilapis keramik, pada dapur ini dilapis dengan anyaman bambu. Motifnya memang dibuat khusus, tidak seperti halnya anyaman gedhek. Di sini bambu dipotong khusus, dan dirangkai layaknya keramik mozaik. Untuk membuat area dinding lebih indah, bambu dikombinasi dengan batu koral putih yang ditata di sepanjang sudut pertemuan back panel dengan top table.

Menarik ya!

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest