Follow Us

Miringkan Lampu agar Tak Menyilaukan

Putri Dwimirnani - Sabtu, 14 September 2013 | 03:00
Miringkan Lampu agar Tak Menyilaukan
Putri Dwimirnani

Miringkan Lampu agar Tak Menyilaukan

Sebenarnya, semua ruangan memerlukan tata cahaya yang ditata khusus. Hal itu banyak diungkapkan oleh lighting designer di seluruh dunia. Terang saja tidak cukup. Perlu dipastikan bahwa cahaya yang tersedia bisa menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna ruang.

Pada dapur,

Menurut Mariana, "Standar kuat terang cahaya di setiap jengkal dapur yaitu 300 lux. Artinya, di setiap meter persegi ruangan diperlukan lampu 15-20 Watt."

Nah, kita bisa menghitungnya sekarang. Misalnya, dapur Anda berukuran 4mx5m, berarti luasnya adalah 20m2. Maka, dalam ruangan tersebut diperlukan lampu yang memiliki tingkat terang total 300lux.

Profesor Christian Bartenbach, lighting designer yang berasal dari Austria, menjelaskan dalam bukunya, The Light of The World. Menurutnya, pencahayaan yang baik berarti cukup terang untuk beraktivitas, tetapi tidak terlalu silau hingga membuat pusing kepala.

Mariana mendukung pernyataan tersebut, "Lampu memang harus disesuaikan dengan kebutuhan aktivitas. Untuk dapur, sebaiknya memiliki colour rendering (CR) di atas 80%." Anda bisa menggunakan jenis fluorescence (CR: 70-80%) atau halogen (CR: >80%). Kalau bisa pilihlah tipe daylight agar warna bahan makanan seperti aslinya. Untuk titik pemasangannya, agar tak silau, pasang lampu pada sudut sekitar 30 derajat. Tutup dengan akrilik buram bila perlu.

Nah, kalau pencahayaan tertata baik, memasak pun menjadi lebih menyenangkan, bukan?

Properti: Metric Kitchen

Foto: iDEAOnline/Rasantika M. Seta

Editor : Putri Dwimirnani

Latest