Follow Us

Pantry Punya Beragam Fungsi

Anissa Q. Aini - Senin, 21 Oktober 2013 | 08:00
Pantry Punya Beragam Fungsi
Anissa Q. Aini

Pantry Punya Beragam Fungsi

Supaya tidak bingung, kita coba bahas apa itu pantry. Konsep pantry, yang di Indonesia disebut dengan dapur bersih, sebenarnya datang dari Eropa dan Amerika. Di negeri asalnya, fungsi utama pantry adalah untuk menyimpan berbagai peralatan memasak dan bahan-bahan makanan. Itu sebabnya, di sini banyak lemari dan kabinet.

Dalam perkembangannya, pantry dimanfaatkan juga sebagai area menyajikan makanan dan minuman. Terutama pada budaya Barat, yang biasa menyimpan dan menyajikan anggur (wine) untuk tamu mereka. Untuk memenuhi fungsi ini, pantry dilengkapi dengan meja bar atau meja saji mini. Selain itu dilengkapi pula dengan alat-alat elektronik untuk mengolah makanan, seperti microwave. Tapi aplikasi konsep pantry ini pun biasanya ditemui di rumah-rumah berukuran besar. Di rumah-rumah berukuran sedang dan kecil, fungsi pantry biasanya sudah diakomodasi oleh dapur.

Bagaimana dengan Indonesia? Sebenarnya penggunaan konsep dapur atau pantry harus disesuaikan dengan budaya masing-masing daerah atau negara. Orang-orang timur, khususnya Indonesia, punya kebiasaan memasak yang berbeda dengan orang-orang barat. Kita biasanya memasak makanan dengan pengolahan yang relatif rumit. Itulah sebabnya, kita membutuhkan dapur yang lengkap. Peralatan memasak dan berbagai bahan makanan ditempatkan di satu area, dapur namanya. Jadi, sebenarnya kalau dipikir lagi, kita tidak membutuhkan pantry, kalau sudah memiliki dapur.

Tapi rupanya, banyak orang belum memahami betul konsep pantry dan dapur. Akibatnya, yang sudah memiliki dapur pun, masih ingin membuat pantry. Itu semua, sih, kembali pada selera dan budget masing-masing orang. Tapi kalau memang tidak berfungsi maksimal, buat apa dibuat, setuju?

Foto: iDEA/ Dean Martin Saerang

Editor : Anissa Q. Aini

Latest