Follow Us

Pilah-Pilih Material Kayu untuk Dapur

Maulina Kadiranti - Senin, 16 Juni 2014 | 12:10
Pilah Pilih Material Kayu untuk Dapur
Maulina Kadiranti

Pilah Pilih Material Kayu untuk Dapur

iDEAonline.co.id - Material kayu tak hanya memberikan kesan hangat, tetapi juga menciptakan aura ketenagan dalam sebuah ruangan. Sehingga tak sedikit dari kita yang ingin mengaplikasikan material kayu dalam dapur.

Namun, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih material kayu. Pasalnya, dapur merupakan salah satu ruangan dengan tingkat kelembapan yang cukup tinggi. Hal ini tentu akan mempengaruhi keapikan tampilan dapur dan juga keawetannya.

Berikut tiga hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih material kayu untuk dapur.

Pilihlah material kayu yang sudah dikeringkan. Kayu kering dapat mengurangi berat kayu dan tidak mudah berubah bentuk. Gunakan pula antirayap.Saat Anda memilih kayu seken dari pintu, kusen, atau olahan furnitur yang memiliki kayu berkualitas baik (jati, merbau, atau kamper), pilihlah bagian yang tidak terkena tekanan, akibat gaya tekan dari struktur. Hal ini untuk mencegah kayu susah diolah dan dibentuk.Kayu memerlukan perawatan, khususnya bagian yang kerap terkena air. Melapis kayu dengan material tahan air sebaiknya dilakukaan saat awal pembuatan, sehingga kekeringan kayu tetap terjaga.

Pilihlah material kayu yang sudah dikeringkan. Kayu kering dapat mengurangi berat kayu dan tidak mudah berubah bentuk. Gunakan pula antirayap.

Saat Anda memilih kayu seken dari pintu, kusen, atau olahan furnitur yang memiliki kayu berkualitas baik (jati, merbau, atau kamper), pilihlah bagian yang tidak terkena tekanan, akibat gaya tekan dari struktur. Hal ini untuk mencegah kayu susah diolah dan dibentuk.

Kayu memerlukan perawatan, khususnya bagian yang kerap terkena air. Melapis kayu dengan material tahan air sebaiknya dilakukaan saat awal pembuatan, sehingga kekeringan kayu tetap terjaga.

Sumber: Membuat Dapur Kayu Lebih Fungsional. Majalah iDEA 66/VI/2009. Halaman 66. Rubrik Ide Dekoratif.

Foto: www.fishprop.com

Editor : Maulina Kadiranti

Latest