Follow Us

Kini Zamannya Desain Modern Ala Italia

Putri Dwimirnani - Selasa, 12 Januari 2010 | 03:31
Kini Zamannya Desain Modern Ala Italia
Putri Dwimirnani

Kini Zamannya Desain Modern Ala Italia

Desain Italia sekarang sudah berbeda. Sejak Perang Dunia II berakhir, seni dan desain di Italia berkembang demikian pesat. Maklum, sebelumnya paham fasisme sangat mengekang kebebasan berpikir dan berkreasi.

Kini, desain produk dan interior dikuasai Italia. Gaya yang berkembang saat ini disebut sebagai leading edge. Meski sekilas tak jauh berbeda dengan gaya minimalis dan modern, sebenarnya ada bedanya juga. Jika gaya minimalis mengusung bentuk geometris dan serba kaku, desain Italia menghadirkan permainan bentuk yang lebih luwes, serta eksplorasi material dan teknologi.

Warna yang dipilih cenderung netral dan putih. Tak banyak variasi warna. Biasanya, ruangan hanya dihiasi oleh satu warna, misalnya putih. Aksen bisa dibuat dengan menampilkan satu warna lain pada satu objek atau bidang. Ingat, hanya satu. Selain itu, seluruh permukaan dinding, lantai, dan furnitur dibuat halus, licin, bersih, dan modern.

Lupakan karpet dan parket. Kedua material ini tak bisa digunakan kecuali di kamar tidur. Lantai biasanya dilapisi dengan marmer atau material lain yang mengkilat dan sama sekali tak bertekstur.

Kunci terakhir dari desain ala Italia terletak pada pilihan furnitur. Tak harus membeli perabot asli dari Italia, yang penting desainnya clean dan rapi. Bila Anda ingin menggunakan kayu atau bambu, pastikan bahwa seratnya tidak terlalu menonjol dan diberi finishing yang bening. Sementara, untuk sofa, kulit merupakan pilihan yang tepat.

Cukup menarik, bukan? Yang pasti, rumah Anda akan terlihat lebih modern dan berkelas. Jauh lebih gaya dari minimalis biasa!

Foto: iDEA/Dean Martin Saerang

Editor : Putri Dwimirnani

Latest