Follow Us

Tak Lekang Dimakan Zaman

Anissa Q. Aini - Sabtu, 22 Juni 2013 | 05:00
Tak Lekang Dimakan Zaman
Anissa Q. Aini

Tak Lekang Dimakan Zaman

Tak semua orang cukup percaya diri untuk bermain dengan padu padan warna. Solusi paling mudah dan tepat adalah dengan mengaplikasikan paduan warna bersifat monokromatik. Dengan paduan warna yang satu ini, tak perlu takut salah pilih warna, tampilannya pun tak lekang dimakan zaman.

Paduan warna monokromatik adalah padu padan berbagai warna yang berada dalam satu tone namun berbeda tingkat intensitasnya. Misalnya, cokelat tua, cokelat muda, krem, hingga kuning. Salah satu bentuk aplikasinya bisa dilihat di kamar tidur pada foto.

Paduan cokelat tua, cokelat muda, dan krem menampilkan kesan hangat dan nyaman. Agar tampilannya tidak monoton, biasanya paduan warna monokromatik juga dipadukan dengan warna-warna netral. Di foto ini, monokromatik cokelat dipadukan dengan putih dan abu-abu.

Warna monokromatik memudahkan kita untuk memadukan dengan warna lain. Selain itu, dengan memilih warna dalam satu tone, kita terhindar dari kesalahan memadukan warna. Warna monokromatik juga cenderung lebih harmonis.

Langkah pertama untuk mengaplikasikan paduan warna demikian adalah, tentukan tema atau kesan yang ingin ditimbulkan. Misalnya ingin memberikan kesan tenang pada kamar tidur. Pilih warna yang kira-kira mewakili kesan tenang, biru misalnya. Untuk paduan warna lainnya, pilih yang berada satu tone dengan biru. Biru muda dan hijau bisa jadi pilihan. Sebagai pelengkap, pilih warna netral seperti putih atau abu-abu. Tak sulit, kan? Selamat mencoba!

Original publish 2009

Editor : Anissa Q. Aini

Latest