Follow Us

Baiknya Milih Kasur Busa, Kapuk, atau Springbed, ya?

Rasantika M. Seta - Kamis, 11 Juli 2013 | 11:33
Baiknya Milih Kasur Busa Kapuk atau Springbed ya
Rasantika M. Seta

Baiknya Milih Kasur Busa Kapuk atau Springbed ya

Kasur Kapuk

Kapuk berasal dari pohon randu. Kain katun dengan motif garis yang khas digunakan sebagai lapisan luar. Tidur di atas kasur kapuk cukup nyaman karena empuk dan tidak panas. Namun kasur ini bisa kempes setelah dipakai beberapa lama, sehingga harus ditambahkan kapuk lagi. Kasur kapuk tidak dianjurkan untuk orang yang alergi debu karena mengundang debu berdiam di antara jahitan kain kasur. Kapuk memiliki serpihan halus yang bisa terhirup melalui napas. Harga kasur ini relatif murah, antara Rp80.000 - Rp700.000, tergantung dari ukuran dan kualitas kepadatan kapuk.

Kasur Busa

Material kasur ini menggunakan busa yang sudah mengalami proses kimiawi, yang dinamakan poliuretan. Kasur mengikuti berat badan dan bertahan dengan posisi itu selama Anda berada di atasnya. Bentuknya bisa kembali seperti semula. Namun makin lama bisa makin kempes --terutama pada busa yang berkualitas rendah-- hingga Anda harus menggantinya dengan yang baru. Kelemahan lainnya, kasur ini panas. Harga kasur busa berkisar Rp100.000 - Rp1.000.000, tergantung ukuran dan kualitas (kw) busanya.

Kasur Pegas (Springbed)

Kasur ini terdiri dari banyak pegas (per) dan lapisan busa. Makin banyak jumlah pegasnya, makin bagus kualitas kasur. Springbed yang umum dipasarkan terdiri dari 140 pegas per meter persegi. Bahan pengempuknya memakai busa, lateks, atau campuran keduanya. Pegas akan menopang tubuh sampai titik tertentu dan kemudian memberi daya lontar kembali, mengikuti kontur tubuh agar tidur lebih nyaman.

Foto:mattress

Editor : Rasantika M. Seta

Latest