Follow Us

Kamar yang Menjadi Tempat Istirahat, Membaca, dan Main Musik

Anissa Q. Aini - Sabtu, 27 Juli 2013 | 07:00
Kamar yang Menjadi Tempat Istirahat Membaca dan Main Musik
Anissa Q. Aini

Kamar yang Menjadi Tempat Istirahat Membaca dan Main Musik

Anak-anak yang beranjak remaja, biasanya memiliki banyak kegiatan yang berkaitan dengan hobinya. Oleh karenanya, mereka membutuhkan tempat yang dapat menampung berbagai kegiatan tersebut. Kamar tidur dapat menjadi tempat mereka melangsungkan kegiatannya itu. Karenanya, rancangan penataan kamar tidur mereka sebaiknya dibuat agar dapat menampung beragam kegiatan.

Kamar tidur di foto ini, bisa jadi salah satu contoh. Ia menempati ruang berukuran 3m x 2,5m. Selain tidur, aktivitas membaca dan bermain musik bisa dilakukan di sini. Untuk mendukung kenyamanan beraktivitas di dalamnya, sengaja tidak ditempatkan banyak furnitur. Uniknya lagi, semua furnitur yang ada di kamar ini, mulai dari tempat tidur, hingga rak kantilever, dibuat built in.

Tempat tidur dibuat ringkas dan sederhana, menyerupai panggung atau amben kayu. Untuk memunculkan kesan seolah melayang, bagian atas panggung dibuat sedikit lebih menonjol dari posisi penopangnya. Kasur ditempatkan di atasnya. Agar nyaman ditempatkan beberapa bantal. Untuk menghasilkan tampilan dramatis, di bagian bawah dibuat efek indirect light. Caranya dengan menempatkan deretan lampu kecil. Nyala kekuningan, sekaligus memberikan efek lebih hangat.

Sebuah rak buku dibuat pada area di bawah jendela. Keberadaannya menyatu dengan tempat tidur. Panjang rak kurang lebih satu meter. Selain rak di bawah jendela ini, ada rak lain yang dibuat memanjang pada salah satu bidang dinding, sepanjang tiga meter. Rak yang menggunakan sistem kantilever ini dimanfaatkan sebagai rak pajangan, atau rak tambahan untuk menyimpan buku.

Area lain yang masih kosong dimanfaatkan untuk menempatkan alat musik. Atau bisa juga membuat lemari penyimpanan, jika memang dibutuhkan. Dengan kamar yang dapat menampung berbagai kegiatan favoritnya, anak remaja akan merasa lebih nyaman dan betah di rumah.

Foto: Rasantika M. Seta

Lokasi: Unit Contoh St. Moritz Residences and Penthouses, Puri Indah, Jakarta Barat

Editor : Anissa Q. Aini

Latest