Follow Us

Mempercantik Ruangan dengan Cat Dekoratif

Putri Dwimirnani - Sabtu, 03 Agustus 2013 | 03:00
Mempercantik Ruangan dengan Cat Dekoratif
Putri Dwimirnani

Mempercantik Ruangan dengan Cat Dekoratif

Dinding polos kadang terlihat tak menarik. Menghiasnya dengan wallpaper bisa jadi langkah cepat mengubah tampilannya. Aneka motif dan warna tersedia di pasaran dan dapat dipilih untuk diaplikasikan. Namun, jika tak cukup dana, langkah ini bisa tertunda.

Langkah lebih murah dapat dilakukan dengan menggunakan cat dinding. Maksimalnya saja penggunaannya. Anda bisa menggolahnya sehingga memiliki efek-efek menarik pada sebuah bidang dinding.

Ada beberapa cara untuk membuat efek tertentu pada dinding, yaitu sponging, ragging, stenciling, dan stamping. Teknik sponging, seperti namanya, menyapukan cat dengan menggunakan spons. Sementara, ragging menggunakan lap atau kain.

Sebelum menghias dinding, tentukan skema warna yang Anda inginkan. Ingat, teknik dekorasi ini memerlukan dua warna cat untuk dasar dan dekorasinya. Warnai dinding dengan cat seperti biasa, biarkan hingga kering.

Misalnya teknik sponging. Setelah cat dasar tersedia (siap), celupkan spons atau lap ke dalam cat yang berwarna lebih muda. Usapkan pada dinding hingga berhasil mendapatkan efek yang Anda inginkan. Kalau dirasa gagal, timpa dengan cat dasar seperti sebelumnya. Biarkan kering, dan gosok ulang dengan spons atau lap.

Bagaimana dengan Stenciling dan stamping? Keduanya merupakan teknik untuk mencetak motif sehingga dinding tampak seperti dilapisi wallcover.

Buat pola cetakan motif yang Anda inginkan pada kertas yang agak tebal. Letakkan pola tersebut pada dinding dan sapukan cat di atasnya dengan kuas atau spray gun. Buat motif di sepanjang dinding, jaga agar posisinya tidak miring. Dinding pun bagai berlapis wallcover buatan sendiri.

Mudah, bukan? Anda pun pasti lebih bangga karena berhasil menghias dinding sendiri.

Foto: iDEA/Tri Rizeki Darusman

Editor : Putri Dwimirnani

Latest