Follow Us

Menata dengan Prinsip Keseimbangan

Putri Dwimirnani - Jumat, 09 Agustus 2013 | 05:00
Menata dengan Prinsip Keseimbangan
Putri Dwimirnani

Menata dengan Prinsip Keseimbangan

Itulah prinsip dasar yang ditekankan ketika mendesain. Sebelum menentukan gaya, warna, dan suasana, pastikan bahwa ruangan yang Anda tata memiliki keseimbangan proporsi dan ruang gerak yang cukup.

Bicara soal proporsi, pasti yang terbayang adalah ukuran. Memang benar, ketika menata ruangan, ukuran menjadi salah satu masalah utama. Terkadang, kita tidak memperhitungkan keseimbangan antara benda yang satu dengan lainnya. Misalnya, karena sofa terlalu makan tempat, akhirnya kita menaruh furnitur berukuran kecil di sekelilingnya.

Sudah tepatkah itu? Ternyata tidak. Ruangan justru terlihat tak seimbang dengan sofa yang menonjol sendirian di tengah ruangan.

Daripada meletakkan satu sofa besar yang dikelilingi oleh furnitur kecil, lebih baik pilih yang berukuran seimbang. Atau, bila tak ada pilihan lain, imbangi dengan setidaknya satu furnitur dengan ukuran yang tak jauh berbeda.

Kalau ruangan tak cukup, lebih baik gunakan beberapa sofa single yang tidak terlalu memakan tempat. Letakkan pada posisi mengelilingi sebuah meja rendah berukuran sedang.

Kebutuhan tercapai, ruangan pun terlihat lebih seimbang, bukan?

Foto: iDEA/Adrian Mulya

Editor : Putri Dwimirnani

Latest