Follow Us

Lampu Meja Bukan Sekadar Pajangan

Anissa Q. Aini - Rabu, 14 Agustus 2013 | 06:00
Lampu Meja Bukan Sekadar Pajangan
Anissa Q. Aini

Lampu Meja Bukan Sekadar Pajangan

Pencahayaan general (general lighting) adalah pencahayaan yang biasa digunakan untuk menerangi seluruh ruangan. Tapi cahaya yang bersumber dari satu lampu, yang biasanya ditempatkan di plafon ini, seringkali tidak bisa menerangi objek tertentu secara terfokus. Itu sebabnya diperlukan task lighting.

Apa sih task lighting itu? Task lighting berfungsi menerangi area-area tertentu yang tidak mendapatkan cukup cahaya. Contohnya, pada ruang baca, task lighting berfungsi untuk menerangi area yang dibaca. Untuk memenuhi fungsi task lighting ini, Anda bisa menggunakan lampu meja (desk lamp) atau standing lamp.

Ada banyak rupa lampu meja bisa ditemui. Desainnya juga menarik dan unik. Karenanya, lampu ini juga dapat dipergunakan sebagai aksesori atau elemen dekoratif. Misalnya di kamar tidur. Di samping tempat tidur, biasanya ditempatkan sepasang lampu meja berdesain unik dan cantik, sebagai pemanis.

Selain sebagai pemanis ruang, lampu-lampu tadi juga bisa memberikan cahaya tambahan. Banyak orang, mungkin termasuk Anda, senang membaca sebelum tidur. Nah, lampu meja yang ada di sisi tempat tidur bisa memberikan cahaya yang cukup untuk aktivitas yang satu ini.

Agar lampu-lampu di sisi tempat tidur tersebut dapat berfungsi maksimal, Anda perlu memperhatikan penempatannya. Atur posisi lampu meja agar bagian bawah kap lampu sejajar dengan mata. Dengan begitu, arah jatuh cahaya tepat pada buku atau majalah yang dibaca. Jadi, gak cuma sebagai aksesori, lampu meja Anda pun punya fungsi sebagai penerang.

Lokasi: Unit Contoh Gandaria Heights, Kebayoran, Jakarta Selatan

Editor : Anissa Q. Aini

Latest