Follow Us

Membawa Gaya Industrial ke Kamar Tidur

Putri Dwimirnani - Rabu, 25 September 2013 | 08:00
Membawa Gaya Industrial ke Kamar Tidur
Putri Dwimirnani

Membawa Gaya Industrial ke Kamar Tidur

Sesuai namanya, desain industrial memang memiliki keterkaitan dengan dunia industri. Bentuk desain yang ditampilkan cenderung fungsional karena umumnya desainer yang mengusung gaya industrial ini memiliki latar belakang teknik yang kuat. Bagaimana penerapannya dalam desain interior?

Mulanya, gaya ini merambah desain interior dan arsitektur Eropa karena banyaknya bangunan bekas pabrik yang tak lagi digunakan. Agar tak menjadi terbengkalai, maka dilakukanlah penyesuaian agar gedung-gedung ini bisa dijadikan hunian yang layak dan nyaman.

Walaupun sudah dilakukan beberapa penyesuaian, karakter asli bangunan sengaja tak dihilangkan. Itulah yang menjadi ciri khas desain Eropa. Maka, beberapa material yang cenderung kasar seperti logam dan baja balok lantai sengaja diekspos untuk menunjukkan karakternya. Hasilnya, sedikit rustic namun lebih rapi.

Tertarik dengan gaya yang satu ini? Anda bisa menerapkannya di rumah. Agar tak terasa terlalu 'kasar', lakukan pendekatan ringan seperti yang terlihat pada kamar tidur ini. Gunakan kayu-kayu berwarna pucat untuk furnitur agar ruangan tak terasa terlalu panas. Jika memungkinkan, pilih kayu yang permukaannya masih kasar, tanpa finishing. Padankan dengan cat dinding putih dan logam-logam mengkilat seperti stainless steel atau alumunium untuk menimbulkan efek kontras khas industrial.

Supaya tak terlalu dingin, Anda bisa berimprovisasi dengan memasang seprai berwarna cerah seperti tempat tidur ini. Menarik, bukan? Boleh dong, sesekali tampil beda?

Foto: iDEA/Dean Martin Saerang

Editor : iDEA

Latest