Follow Us

Kolom Cantik Berkat Rak Kaca

Devi F. Yuliwardhani - Jumat, 15 November 2013 | 12:00
Kolom Cantik Berkat Rak Kaca
Devi F. Yuliwardhani

Kolom Cantik Berkat Rak Kaca

Kolom adalah elemen struktural yang seringkali mengganggu komposisi penataan dan visual sebuah ruangan, apalagi jika letaknya di luar dinding. Peletakkan titik kolom sebenarnya ditentukan pada saat awal desain, dan begitu pula sebaiknya penataan di ruang, Anda bisa rencanakan sebelum rumah terbangun.

Lihatlah kamar tidur ini, walaupun kolom berada di luar dinding, tetap terlihat cantik. Kamar tidur ini adalah bagian dari rumah bergaya Nias selatan yang di desain oleh biro arsitek "akanoma" dari Bandung. Salah satu arsiteknya, Yu Sing, mengatakan, bahwa inspirasi desain terlahir dari rumah adat Nias yang berkonsep panggung, namun tetap disesuaikan dengan kondisi terkini, yakni dengan menggunakan beton dan kaca sebagai pembentuk elemen ruangan.

Kolom yang berada di depan dinding adalah salah satu bagian solusi desain rumah bergaya Nias. Massa terlihat melayang ditopang kolom-kolom beton. Nah, Jason Lase, pemilik dari rumah ini, berinisiatif untuk membuat olahan rak-rak kaca pada ruang sempit di belakang kolom. Rak kaca ini secara fungsi bisa menjadi etalase aksesori. Rak kaca ini pun mempercantik kombinasi elemen masif dan transparan pada ruangan. Komposisi sirip-sirip rak kaca mengimbangi sirip-sirip kayu khas bangunan Nias selatan yang berukuran besar di bagian luar ruangan. Proporsinya jadi lebih seimbang, dan nyaman dipandang.

Foto: iDEA/Indra Zaka Permana

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest