Follow Us

Toilet Unik di Area Publik Jepang

Maulina Kadiranti - Sabtu, 19 April 2014 | 03:40
Toilet Unik di Area Publik Jepang
Maulina Kadiranti

Toilet Unik di Area Publik Jepang

iDEAonline.co.id - Beberapa waktu lalu, salah seorang teman dekat saya pergi ke Jepang untuk melanjutkan studi. Belum lama ia di sana, sudah ada cerita menarik. Sebenarnya sederhana sih, tentang toilet. Tapi, karena dikirim langsung dari negeri sakura, saya jadi penasaran untuk menyimak.

Coba ingat-ingat toilet tercanggih atau toilet terunik yang Anda ketahui di Indonesia. Yang dilengkapi dengan keran atau nozzle? Ah, itu biasa. Bagaimana dengan toilet yang bisa mem-flush sendiri? Lumayan canggih, tapi masih kalah unik dibanding toilet ini!

Toilet yang terletak di Fakultas Desain Universitas Chiba ini dilengkapi dengan beberapa tombol di bagian samping dudukan. Teman saya menyebutnya sebagai entertaining buttons.

Mengapa disebut entertaining buttons? Apakah sebegitu menghiburnya?

Ternyata, ditilik dari fungsinya, tombol-tombol itu memang menarik. Ada tombol spray untuk menyemprotkan air dari bawah, ada juga yang tombol bidet. Tombol flush pun berada tak jauh dari sana, jadi kita tak perlu repot menengok ke belakang.

Yang lebih menarik lagi, ada satu tombol yang namanya flushing sound. Setelah ditekan, hanya bunyi guyuran yang ada, tanpa mengeluarkan air. Fungsinya, tentu untuk menyamarkan suara-suara lain yang mungkin ditimbulkan ketika berada di dalam toilet. Bahkan, volume bunyi bisa diatur sesuka hati. Ah, ada-ada saja orang Jepang ini!

Masih ada lagi. Suhu dudukan toilet ini juga bisa diatur, loh. Jadi, ketika musim dingin tiba, kita bisa tetap duduk di toilet dengan nyaman. Hmmm...sebuah toilet publik yang canggih bukan?

Foto: Dok.iDEA

Editor : Maulina Kadiranti

Latest