Follow Us

Buat Rumah Kita Bersalju, Yuk!

Anissa Q. Aini - Senin, 16 Desember 2013 | 04:00
Buat Rumah Kita Bersalju Yuk
Anissa Q. Aini

Buat Rumah Kita Bersalju Yuk

Negara-negara tropis tidak mengenal tema Natal White Christmas. Hal ini karena amat mustahil di negara tropis turun salju pada malam Natal. Meski begitu, bukan hal mustahil untuk membangun putih salju di rumah.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tema White Christmas alias Natal Putih, untuk dekorasi Natal. Persiapkan semua pernak-pernik berwarna putih dan keperakan. Misalnya pohon Natal berdaun putih, rangkaian bunga berwarna keperakan, dan kereta salju Santa. Tata elemen-elemen ini pada salah satu sudut ruang.

Kalau sudah, sekarang saatnya kita menciptakan unsur utama serunya Natal Putih, salju. Sebenarnya, kita bisa saja membeli salju buatan, yang biasa dikemas dalam kaleng maupun dalam bentuk spray. Tapi tak ada salahnya membuat sendiri. Kita bisa melibatkan seluruh keluarga untuk membuatnya. Anak-anak akan sangat menyukai kegiatan ini.

Apa saja yang diperlukan? Sepertinya sebagian besar dari Anda sudah tahu, salju kita akan terbuat dari styrofoam. Siapkan styrofoam sebanyak yang kita butuhkan. Siapkan garpu atau benda serupa. Siap semuanya? Mulailah mengerik permukaan styrofoam, hingga menghasilkan bubuk styrofoam putih mirip salju. Kumpulkan bubuk tadi dalam wadah. Lakukan terus, sampai styrofoam habis atau sampai dirasa cukup.

Sekarang saatnya membuat landscape-nya. Siapkan beberapa buah styrofoam berbentuk bulat. Belah dua, sehingga membentuk gundukan-gundukan. Atur penempatannya di sudut ruangan, yang akan kita buat bersalju. Sebelumnya, olesi gundukan tadi dengan lem, menggunakan kuas. Langkah terakhir, taburi permukaan gundukan styrofoam tadi dengan bubuk salju buatan, sampai rata. Taburkan sisa bubuk salju di sekitarnya, sehingga tampilannya seperti hamparan salju sungguhan.

Tempatkan berbagai hiasan pemanis di atas padang salju buatan ini. Boneka malaikat, sinterklas, pohon-pohon cemara mini, apa saja yang Anda dan keluarga suka. Bisa juga memanfaatkan ranting pohon yang sudah mati, yang dicat putih, sebagai hiasan. Minta si kecil menuliskan doa-doa dan permohonan Natal, di secarik kertas kecil berwarna-warni. Gantung kertas-kertas tadi, sebagai hiasan, di ranting pohon.

Memutuskan untuk membuat dekorasi ini, harus siap dengan resikonya. Bubuk styrofoam sangat ringan dan mudah terbawa angin. Oleh sebab itu, mau tidak mau, kita harus sering menyapu lantai. Mengingat kerepotan ini, sebaiknya dekorasi ini hanya diaplikasikan satu hari saja, saat pesta Natal, misalnya.

Jadi bisa juga kan membuat salju turun di daerah tropis?

Foto: iDEA Online/ Anissa Q. Aini

Lokasi dan properti: Blomst, Arteri Pondok Indah, Jakarta Selatan

Editor : Anissa Q. Aini

Latest