Follow Us

30 Menit Bikin Ruang Jadi Lebih Terang dan Luas

Maulina Kadiranti - Senin, 09 Juni 2014 | 08:10
30 Menit Bikin Ruang Jadi Lebih Terang dan Luas
Maulina Kadiranti

30 Menit Bikin Ruang Jadi Lebih Terang dan Luas

iDEAonline.co.id - Tidak semua rumah memiliki jumlah sinar matahari yang ideal di dalamnya. Beberapa pemilik rumah bahkan harus menambahkan banyak lampu agar interior rumah cukup terang untuk melakukan berbagai kegiatan. Lakukan beberapa cara tata ruang 30 menit berikut ini untuk mendorong jumlah sinar matahari di dalam rumah tanpa perlu melakukan renovasi.

1. Gunakan kaca untuk memantulkan sinar matahari dari jendela. Kontributor Houzz Alison Hodgson mengungkapkan bahwa dia menggantung kaca berukuran besar di ruang tamunya. Tidak hanya untuk memantulkan cahaya, kaca tersebut juga memantulkan pemandangan di luar jendela.

"Di ruang makan, saya memenuhi dinding dengan cermin antik dari berbagai ukuran untuk menangkap sebanyak mungkin cahaya di ruangan tersebut," ujar Hodgson. "Cermin-cermin cantik ini merefleksikan ruang penuh cahaya di seberangnya."

Selain menggantung cermin, Anda juga bisa membeli furnitur yang punya fitur serupa dengan cermin. Cari sofa atau meja kopi dan meja konsol yang memiliki aksen mengkilap atau terbuat dari kaca. Proses menggantung dan mengatur furnitur tentu lebih cepat dari 30 menit bukan?

2. Geser furnitur Anda. Mungkin saja, rak buku atau lemari yang Anda letakkan di tengah-tengah ruangan membuat sinar matahari terhalang. Mungkin juga sofa besar di depan jendela membuat sisi lain sofa tampak gelap. Coba geser furnitur semacam ini menjauh dari jendela. Jika rumah Anda tergolong berukuran mungil, sebaiknya investasikan uang Anda pada furnitur-furnitur tembus pandang. Kaca dan akrilik bisa menjadi teman baik Anda dalam mendekor.

3. Singkirkan gorden yang tebal, berat, dan mampu menghalau sinar matahari masuk ke dalam ruangan. Cobalah penutup jendela yang terbuat dari katun. Hindari gorden tebal dari beludru atau bahan-bahan tebal lainnya.

Jika merasa belum cukup dengan cara-cara yang sudah disebutkan sebelumnya, masih ada cara lain. Anda bisa mengubah warna interior rumah menjadi lebih terang, menambah jumlah jendela, memasang jendela atap atau Tubular Daylighting Devices (TDD), mengganti pintu kayu dengan pintu kaca, dan mengurangi sekat di dalam rumah. Tentu saja, cara-cara yang terakhir disebutkan ini tidak bisa dilakukan dalam 30 menit.

Sumber: properti.kompas.com

Editor : Maulina Kadiranti

Latest