Follow Us

Langkah Merancang Rak Ambalan di Ruang Keluarga

- Rabu, 29 Maret 2017 | 04:00
Langkah Merancang Rak Ambalan di Ruang Keluarga
idea

Langkah Merancang Rak Ambalan di Ruang Keluarga

iDEAonline.co.id - Furnitur ruang keluarga yang memiliki bentuk-bentuk sederhana dapat dimanfaatkan sebagai objek pengganti karya seni. Rak merupakan salah satu furnitur yang dapat menjadikan ruang Anda memiliki nilai estetika lebih.

Kalau Anda lihat, sepintas kalau rak ini dibiarkan kosong mungkin juga menarik. Agar menjadi menarik, Anda dapat tempatkan aneka barang koleksi atau pajangan di sana. Misalnya: koleksi foto, boneka, atau vas bunga dapat dijadikan penghias ruangan.

Beda hal dengan lemari, rak memiliki bentuk yang lebih ringkas dan tidak memakan banyak tempat. Selain dapat menempel pada dinding, rak juga bisa dibuat 'berkaki' namun tetap dengan bentuk yang ringkas.

Material yang digunakan pun beragam, mulai dari kayu solid, kayu lapis, plastik, hingga logam dan kaca. Bentuknya pun dapat disesuaikan dengan selera dan kebutuhan.

Dalam merancang rak ambalan yang ingin Anda gunakan sebagai objek dekoratif, perhatikan penempatannya. Anda dapat memilih apakah rak tersebut akan ditempatkan pada lantai, dinding, atau dipasang melayang pada dinding.

Untuk menjadikannya aksen dalam ruang, letakkan rak ambalan pada bagian yang jelas terlihat pada ruangan. Misalnya, pada dinding yang memiliki warna berbeda dengan dinding-dinding yang lain.

Langkah selanjutnya, menentukan bentuk yang diinginkan. Bentuk-bentuk geometris yang sederhana bila disusun dengan baik akan memberikan kesan artistik. Penempatan yang asimetris dapat menjadi pertimbangan untuk menjadikan rak terlihat unik. Keseimbangan bentuk yang asimetris jauh lebih menarik dibandingkan dengan simetris karena kesan dinamis yang ditimbulkannya.

Penggunaan warna yang kontras dengan bagian dinding lainnya akan membantu menonjolkan objek yang ada di rak ambalan.

Terakhir, Anda dapat menaruh benda-benda favorit dan unik pada rak ambalan. Bila perlu, tambahkan pencahayaan khusus yang menyorot ke arah pajangan untuk menambah fokus.

Jadi, jangan pernah ragu untuk mencoba rak ambalan di ruang keluarga Anda.

Editor : Maulina Kadiranti

Latest