Follow Us

Mengubah Furnitur Lama dengan Rasa Baru

Maulina Kadiranti - Rabu, 04 Maret 2015 | 10:00
Mengubah Furnitur Lama dengan Rasa Baru
Maulina Kadiranti

Mengubah Furnitur Lama dengan Rasa Baru

iDEAonline.co.id-Sebelum memutuskan untuk membuang atau mengganti furniturAnda yang sekarang, coba perhatikan kondisinya dulu dengan seksama. Siapa tahu kerusakannya tidak terlalu parah. Anda bisa meminta tolong tukang langganan atau bahkan Anda bisa melakukannya sendiri untuk memperbaikinya. Bahkan tak hanya memperbaiki, Anda juga bisa mengubah furnitur lama dengan rasa baru dengan mengikuti panduan di bawah ini.

1. Perbaikan kecil

Copot dan ganti paku atau engsel furnitur yang rusak dan berkarat. Gunakan compound untuk menambal retak atau lubang pada furnitur kayu. Jika ada kerusakan oleh rayap, semprot dan lapisi dengan cairan anti rayap untuk mencegah kerusakan yang semakin parah.

2. Perbaiki laminate yang lepas

Biasanya jika laminate pada furnitur sering terkena air dan lembab, akan mudah lepas khususnya pada ujung atau sudut furnitur. Perbaiki dengan lem kayu untuk merekatkan kembali, oleskan lem dengan rata pada bagian belakang laminate. Tekan dengan keras agar merekat dengan sempurna, tunggu lem mengering, lalu lepaskan.

3. Pengecatan ulang

Cat bahan kayu atau besi dengan cat berbahan dasar minyak. Cat ini memberi efek kilap sempurna. Bersihkan cat lama pada furnitur dengan menggunakan ampla. Lepas dulu handle dan knob untuk memudahkan pengecatan kabinet. Anda bisa berkreasi dengan kombinasi warna atau gambar karya sendiri.

4. Ganti handle

Sesuaikan pilihan bentuk dan warna handle dengan kabinet Anda. Gunakan desain unik seperti bentuk binatang atau tokoh katun untuk furnitur anak. Anda juga bisa menggunakan bentuk handle yang bermacam-macam agar terlihat lebih unik. Intinya jangan takut untuk bereksperimen.

5. Make Over Sofa

Banyak pilihan bahan untuk mengganti pelapis sofa mulai dari kulit, oscar, chenille, hingga suede. Tambah busanya jika sofa tak empuk lagi. Selain kain pelapis sofa yang bersifat permanen, Anda bisa menggunakan sarung pembungkus sofa yang bisa dilepas pasang. Praktis.

6. Modifikasi furnitur.

Editor : Maulina Kadiranti

Latest