Follow Us

5 Langkah Mudah Sebelum Membeli Sofa

Maulina Kadiranti - Kamis, 09 April 2015 | 11:04
5 Langkah Mudah Sebelum Membeli Sofa
Maulina Kadiranti

5 Langkah Mudah Sebelum Membeli Sofa

iDEAonline.co.id - Sofa merupakan furnitur yang selalu menghiasi ruang keluarga dan ruang tamu di rumah idaman. Tentunya sofa merupakan investasi untuk Anda dan keluarga. Salah dalam memilih sofa malah berakibat cepat rusak dan membuat Anda harus mengeluarkan uang untuk memperbaiki atau bahkan membeli sofa yang baru. Membeli atau memperbaiki sofa, tentunya dapat membuat Anda kehilangan banyak waktu dan kebutuhan uang yang tidak terduga. Untuk itu, mengetahui langkah-langkah sebelum membeli sofa harus Anda ketahui. Berikut 5 langkah sebelum membeli sofa yang dapat Anda terapkan.

1. Periksa Frame Sofa

Sofa yang tahan lama pastinya memiliki sebuah frame yang kokoh. Banyak sofa dijual dengan harga murah namun tidak tahan lama. Perhatikan jenis kayu yang digunakan untuk frame sofa. Hindari frame yang terbuat dari papan partikel, plastik, atau logam. Karena frame tersebut dapat retak. Perhatikan juga pemasangan kaki frame. Pastikan kalau kaki frame menggunakan skrup dan pasak lainnya, tidak menggunakan lem saja.

Tip: Untuk menguji kekuatan frame sofa, Anda angkat salah satu sudut depan atau kaki sofa dari lantai. Pada saat Anda telah mengangkat enam inci, kaki depan lainnya harus naik juga. Jika masih menyentuh lantai, itu agak lemah.

2. Tanya Tempat Memperbaiki Sofa

Salah satu ciri frame sofa yang kuat harus memiliki kontrusi yang tidak menggunakan banyak lem disemua sambungan. Sofa kuat disambung oleh pasak, skrup logam dan penghubung kayu. Namun, tidak jarang ada frame sofa ada yang disambung dengan staples, paku dan lem.

Tip: tanyakan kepada produsen untuk menjelaskan permasalahan garasi dan tempat untuk memperbaiki sofa.

3. Test Per yang Ada di Sofa

Sebelum membeli sofa, Anda juga harus secara langsung mengetes per yang ada. Jangan sampai sofa yang Anda per malah tidak tahan lama. Per pada sofa merupaka salah satu nilai lebih karena dapat menambah rasa nyaman saat duduk. Tapi per pada sofa, lama kelamaan dapat turun karena sering Anda gunakan.

Tip: Aaat ingin membeli sofa, duduklah pada ujung sofa. Anda rasakan sambil Anda pukul-pukul sofa. Kalau mengeluarkan bunyi berderit berarti ada yang salah terhadap sofa yang ingin Anda beli.

4. Gunakan Fillings Anda

Setelah langkah-langkah untuk membeli sofa sudah Anda lakukan. Tentunya Anda sudah memiliki beberapa pilihan sofa yang akan Anda beli. Tentunya Anda juga harus mengetahui busa jenis apa yang tahan lama untuk sofa. Busa dengan kualitas tinggi tentunya lebih mahal namun lebih tahan lama.

Editor : Maulina Kadiranti

Latest