Follow Us

5 Langkah Mudah Menghadirkan Gaya Retro di Rumah

- Kamis, 10 November 2016 | 05:00
5 Langkah Mudah Menghadirkan Gaya Retro di Rumah
idea

5 Langkah Mudah Menghadirkan Gaya Retro di Rumah

iDEAonline.co.id - Rumah yang sesuai dengan karakter pemiliknya memang menjadi dambaan karena dapat memunculkan kenyamanan dan betah di rumah. Ya, pemilik dapat mengekspersikan kesenangannya, hobi, atau sesuatu yang unik di huniannya. Sehingga, yang menjadi titik penting adalah desain yang dipilih.

Namun, memilih desain pun tidak bisa sembarangan. Salah-salah bukannya kenyamanan dan ketenangan yang didapat, tetapi Anda malah tidak betah di rumah. Jika itu terjadi, bukan tidak mungkin harus didekorasi ulang agar sesuai dengan keinginan sang pemilik. Tapi, tidak sedikit juga ada yang bingung dalam memilih style atau gaya untuk rumahnya. Bagaimana kalau dengan gaya Retro?

Penyuka desain rasa jadul patut mencoba style yang satu ini. Ya, Retro biasa dihubungkan dengan desain bergaya lama atau tempo dulu. Namun, istilah Retro kini dipersempit sehingga mengacu pada gaya tahun 50-an hingga 70-an. Sama seperti style pada fashion, desain Retro untuk interior rumah juga didominasi oleh warna yang ngejreng dan furniturnya cenderung sederhana.

Tidak hanya ruang keluarga saja yang dapat mengaplikasikan gaya ini, namun semua ruang seperti ruang makan bergaya retropun bisa. Ingin membawa suasana Retro di rumah? Ini dia 5 langkah mudah menghadirkan gaya Retro di rumah.

Langkah 1: Pilih warna Ketika menginginkan suasana yang berbeda untuk rumah, mengganti warna cat sudah pasti menjadi cara paling mujarab. Selain mudah dilakukan, hal ini juga tidak terlalu memakan biaya. Sudah begitu, warna pun memiliki arti masing-masing sehingga dapat membangun suasana tertentu pada ruang. Lalu, warna apa yang merepresntasikan Retro? Warna cerah adalah jawabannya. Ya, warna cenderung “ngejreng” bisa menghidupkan suasana Retro di rumah. Anda bisa menggunakan warna merah, hijau, kuning, oranye, dan warna cerah lainnya untuk meng-cover dinding.

Langkah 2: Padukan dengan corak Corak dan motif juga bisa menjadi penghias untuk huniannya. Ya, menghadirkan wallpaper atau wall sticker di rumah merupakan cara yang mudah diaplikasikan ketika ingin mengganti suasana pada hunian. Jika ingin menghadirkan suasana Retro, pilihlah corak yang dipakai pada waktu itu. Pola geometris banyak digemari di era 50 – 70an. Corak seperti bidak catur pun akan menghidupkan suasana Retro di rumah. Selain itu, motif berbentuk hati juga digemari pada tahun itu.

Langkah 3: Furnitur yang tepat Agar memperkuat kesan Retro pada rumah, pemilihan furnitur juga harus tepat. Ya, di era tahun 50-an hingga 70-an, style yang diusung cenderung simpel tanpa banyak ornamen. Tidak hanya itu, biasanya furnitur pada zaman ini juga mengedepankan fungsi sehingga harus nyaman digunakan. Selain potongan sederhana, yang hits pada saat itu juga permukaan furnitur yang berkilau dan berbahan kulit dengan warna gelap.

Langkah 4: Hadirkan figur tahun 50-an hingga 70-an Jika malas menggunakan wallpaper , Anda bisa menghadirkan pernik cantik figur tahun 50-an hingga 70-an. Memang, rentang waktu tersebut luas sehingga setiap tahunnya memiliki ciri khas masing-masing. Agar tidak lepas kontrol, sebaiknya Anda juga menentukan tahun mana yang ingin diterapkan. Setelah memilih, carilah figur yang terkenal. Anda dapat memilih figur aktor, aktris, penyanyi, atlet, atau lainnya. Anda juga bisa hadirkan poster film atau kotak kaset untuk hiasan di rumah.

Langkah 5: Jangan takut “tabrakan” Gaya yang satu ini memang cenderung berani, so Anda juga jangan takut memadukannya. Anda bisa menggunakan corak bidak catur dengan warna yang ngejreng dan ditambah pula hadirnya hiasan retro lainnya. Rumah pun akan semarak dan Retro abis!

Editor : Sabrina Alisa

Latest