Follow Us

5 Tips Desain Dapur Super Mungil

Sabrina Alisa - Senin, 25 April 2016 | 08:34
5 Tips Desain Dapur Super Mungil
Sabrina Alisa

5 Tips Desain Dapur Super Mungil

iDEAonline.co.id - Memiliki dapur dengan perabot lengkap merupakan dambaan setiap orang. Lemari es, kompor, oven, bahkan cookerhood memudahkan pekerjaan di dapur. Namun tidak semua orang mempunyai ruang yang memadai untuk mewujudkan dapur idaman tersebut. Jangan khawatir, dengan beberapa trik berikut, ruang yang sangat terbatas pun mampu diubah menjadi sebuah dapur yang nyaman. Apa saja sih tips desain dapur super mungil?

1. Buat kabinet custom.

Jika dibuat sesuai pesanan, kabinet kitchen set akan muat di ruang dengan ukuran berapa pun. Ruang yang ada akan dimanfaatkan dengan maksimal, tidak ada sudut yang tersia-sia. Misalnya, kabinet dibuat tinggi sampai ke langit-langit untuk mengkompensasikan luas ruang yang mungil.

2. Sembunyikan perabot.

Agar terlihat lebih rapi, perangkat dapur seperti cookerhood dan kompor sebaiknya ditanam ke dalam kitchen set. Bahkan, tabung gas, mesin cuci, dan rice cooker dapat dimasukkan ke dalam kabinet seperti dapur ini.

3. Terapkan penyimpanan terbuka.

Simpan peralatan dapur seperti panci, gelas, piring, serta toples bumbu pada gantungan atau rak terbuka. Penyimpanan model terbuka membuat dapur tampak lebih lega. Nilai plusnya, penyimpanan model ini akan "memaksa" kita untuk selalu merapikan dan merawat peralatan dapur karena barang-barang itu selalu terlihat.

4. Kendalikan belanja.

Di dapur, hanya simpan benda-benda yang sangat diperlukan. Ini agar menjaga dapur yang super kecil selalu tertata rapi. Tidak perlu menyimpan 1 set panci jika rumah hanya ditinggali 2 orang, misalnya. Jika ada peralatan baru yang dibeli, usahakan peralatan lama dibuang atau diberikan ke orang lain.

5. Ciptakan kondisi yang terang.

Suasana dapur yang bersih dan terang akan membuat nyaman, meskipun ukuran dapur terbatas. Pastikan pencahayaan memadai untuk menerangi keseluruhan dapur dan meja kerja. Sapukan warna-warna terang seperti putih atau krem agar dapur mungil terasa lebih luas.

Ternyata, dengan lahan super mungil pun bisa disulap menjadi desain dapur yang nyaman. Jangan ragu untuk segera mewujudkan dapur impian dengan luas dapur yang ada!

Foto Kurniawan Adi Nugroho

Properti Herdy Radyatama & Asri Fitri Rachim, Bojong Koneng, Bandung

Editor : Sabrina Alisa

Latest