Follow Us

Membuat Sayur dan Buah Awet Lebih Lama

Anissa Q. Aini - Senin, 05 September 2016 | 10:00
Membuat Sayur dan Buah Awet Lebih Lama
Anissa Q. Aini

Membuat Sayur dan Buah Awet Lebih Lama

iDEAonline.co.id - Memborong sayur dan buah untuk satu minggu boleh jadi merupakan langkah praktis. Di sisi lain, rupanya bisa merugikan. Jika tak pandai menyimpannya, dalam waktu tiga hari, sayur dan buah akan layu bahkan busuk. Para ibu terpaksa berbelanja lagi. Uang belanja pun terbuang sia-sia.

Untuk mempertahankan kesegaran sayur dan buah, biasanya para ibu menyimpannya di lemari es. Cara ini lazim dilakukan, suhu dingin memang bisa mempertahankan kesegaran keduanya, lebih lama. Namun ingat, jangan sekadar menempatkan mereka di lemari es. Ada cara-cara yang dapat membuat buah dan sayuran bertahan hingga satu minggu.

Berikut caranya:

1. Atur suhu lemari es dalam posisi medium. Setiap sayur dan buah memiliki ketahanan berbeda terhadap suhu dingin. Jika suhu lemari es diatur terlalu dingin, bisa-bisa sayuran justru mengalami kerusakan.

2. Sebelum menempatkan sayur dan buah di lemari es, cuci bersih terlebih dahulu. Jangan lupa keringkan. Menempatkan sayuran dan buah dalam keadaan basah, ke dalam lemari es, justru dapat mengakibatkan kebusukan.

3. Siapkan wadah kedap udara, masukkan sayur dan buah dalam masing-masing wadah berbeda, kemudian tutup wadah. Jika tak memilikinya, gunakan wrapping plastic, yang dapat membungkus sayur dan buah dengan rapi tanpa menyimpan udara. Plastik ini dapat dibeli di berbagai supermarket.

4. Tempatkan sayuran dan buah pada laci atau rak paling bawah dalam lemari es. Biasanya rak atau laci tersebut memang khusus untuk sayur dan buah. Penempatan ini juga dimaksudkan untuk melindungi buah dan sayur dari terpaan suhu dingin secara langsung.

5. Perlu juga diketahui, tidak semua sayur dan buah dapat disimpan di lemari es. Beberapa jenis tertentu tidak menyukai suhu dingin, pisang misalnya. Jika dipaksakan disimpan dalam lemari es, daging buahnya akan berubah kecokelatan, dan terasa aneh ketika dimakan.

6. Hindari menyimpan buah-buahan yang sudah dikupas atau diiris ke dalam lemari es, kecuali di dalam wadah yang kedap udara. Apel dan pir misalnya, daging buah keduanya akan cepat berubah kecokelatan, jika disimpan dalam keadaan tanpa kulit.

Eh ya, satu lagi. Sebelum memasukkan semua buah, sayur, dan bahan makanan mentah dan matang, bersihkan dulu lemari esnya. Gunakan cairan desinfektan yang aman untuk lemari es dan tubuh. Setelahnya, masukkan semua bahan makanan ke kompartemen yang tersedia untuk mereka.

Editor : Anissa Q. Aini

Latest