Follow Us

Persiapan Membangun Instalasi Gas di Dapur

Devi F. Yuliwardhani - Minggu, 23 Oktober 2016 | 05:00
Persiapan Membangun Instalasi Gas di Dapur
Devi F. Yuliwardhani

Persiapan Membangun Instalasi Gas di Dapur

iDEAonline.co.id - Nyaman sudah pasti menjadi poin utama dalam membangun rumah bahkan hingga mendesain dan mendekorasi ruang. Yang harus digarisbawahi adalah tingkat kenyamanan yang berbeda. Bisa jadi Anda menyukai rumah dengan dekorasi penuh pada ruang atau malah sebaliknya. Itu menandakan bahwa kenyamanan berbeda. Begitu juga untuk dapur.

Dapur kini tidak dipandang sebagai tempat untuk memasak saja, melainkan juga tempat untuk berekspresi. Tapi, tentu kita semua sepakat bahwa instalasi di dapur harus mendapat atensi lebih agar meminimalisir kecelakaan yang bisa terjadi. Salah satu instalasi di dapur adalah gas.

Gas merupakan salah satu bahan bakar utama yang ada di dapur. Instalasi selangnya juga harus menjadi salah satu hal yang Anda perhatikan karena menyangkut dengan keamanan. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda siapkan sebelum memasang instalasi gas.

Catat perabot dapur yang menggunakan gas di dapur. Misalnya kompor dan oven.Rencanakan penempatan tabung gas di dekat kompor karena selang pada umumnya hanya sepanajang 1,2 m.Siapkan selang tambahan jika ingin meletakkan tabung gas di luar ruangan. Peletakan gas dianjurkan memiliki ventilasi yang bagus untuk keamanan ketika terjadi kebocoran. Ventilasi diletakkan di bagian bawah karena bahan bakar gas lebih berat dibandingkan udara. Jangan letakkan gas di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Panas akan membuat tekanan gas tinggi dan mudah meledak.Beri alas di bagian tabung berupa roda untuk menghindari air yang dapat menimbulkan karat. Karat dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya kebocoran.Periksa tabug gas sebelum digunakan. Pastikan selang sudah terpasang ke regulator dengan benar. Begitu juga sambungan regulator ke tabung gas harus benar.

Catat perabot dapur yang menggunakan gas di dapur. Misalnya kompor dan oven.

Rencanakan penempatan tabung gas di dekat kompor karena selang pada umumnya hanya sepanajang 1,2 m.

Siapkan selang tambahan jika ingin meletakkan tabung gas di luar ruangan.

Peletakan gas dianjurkan memiliki ventilasi yang bagus untuk keamanan ketika terjadi kebocoran. Ventilasi diletakkan di bagian bawah karena bahan bakar gas lebih berat dibandingkan udara.

Jangan letakkan gas di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Panas akan membuat tekanan gas tinggi dan mudah meledak.

Beri alas di bagian tabung berupa roda untuk menghindari air yang dapat menimbulkan karat. Karat dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya kebocoran.

Periksa tabug gas sebelum digunakan. Pastikan selang sudah terpasang ke regulator dengan benar. Begitu juga sambungan regulator ke tabung gas harus benar.

Dengan memperhatikan setiap detail yang ada, dapur tidak hanya nyaman, tapi aman juga.

Foto: Adeline Krisanti/iDEA

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest