Follow Us

Cara Ini Dapat Mengubah Tampilan Dapur dengan Mudah

Putri Dwimirnani - Rabu, 11 Januari 2017 | 00:00
Cara Ini Dapat Mengubah Tampilan Dapur dengan Mudah
Putri Dwimirnani

Cara Ini Dapat Mengubah Tampilan Dapur dengan Mudah

iDEAonline.co.id - Gagang atau handle pada kabinet berfungsi sebagai alat untuk membuka atau menutup pintu. Bentuknya bisa beragam, mulai dari yang polos hingga berlekuk-lekuk, tergantung pada gaya yang dipilih.

Seiring dengan semakin berkembangnya konsep desain modern, bentuk handle pun bertransformasi menjadi semakin simpel dan dibuat praktis. Bahkan kini, beberapa desain modern mencoba menghilangkan handle sebagai alat buka tutup furnitur.

Dengan meniadakan handle , bentuk yang tercipta menjadi lebih sederhana dari sebelumnya. Tidak hanya itu, kabinet pun menjadi tersembunyi. Kalau di dapur, bentuk lemarinya menjadi lebih rapi.

Tentu saja ada konsekuensi yang harus ditanggung ketika menghilangkan peran handle ini. Tanpa handle, bagaimana cara membuka pintu kabinet? Beberapa cara terpikirkan oleh para desainer, seperti menggunakan sistem per pada pintu. Dengan sedikit tekanan, pintu kabinet akan terbuka. Praktis dan mudah digunakan oleh siapa saja.

Selain sistem per tersebut, dapat juga dibuat cerukan, entah pada bagian atas atau bawah pintu, sebagai pengganti peran handle tadi. Cerukan yang terletak pada satu sisi pintu itu tentu dibuat terselubung agar tidak tampak dari depan. Sisakan jarak di atas cerukan tersebut (bila cerukan berada di bagian atas pintu) sebagai ruang untuk tangan ketika membuka pintu.Tidak perlu terlalu lebar, cukup sekitar 3 cm. Dengan begitu, pintu kabinet pun dapat dibuka dengan mudah tanpa memerlukan handle tambahan.

Tidak hanya pada kabinet, sistem cerukan ini dapat pula diterapkan pada laci, dengan ketentuan yang persis sama. Dengan membuang handle dari kabinet anda dapat menyembunyikan ruang-ruang penyimpanan, kesan modern pun lebih terasa. Cara ini dapat mengubah tampilan dapur dengan mudah, bukan?

Foto: Dok. iDEA

Editor : Putri Dwimirnani

Latest