Follow Us

Pencahayaan jadi Penghias Kamar

Devi F. Yuliwardhani - Senin, 17 Maret 2014 | 00:30
Pencahayaan jadi Penghias Kamar
Devi F. Yuliwardhani

Pencahayaan jadi Penghias Kamar

Kamar tidur merupakan tempat istimewa untuk beristirahat dan menemukan ketenangan jiwa setelah seharian beraktivitas. Maka dari itu, tak sedikit orang sangat memperhatikan dekorasi di dalam kamarnya. Termasuk dalam memilih pencahayaan yang tepat bagi kamar.

Pencahayaan yang baik, juga berefek pada tampilan kamar yang menarik. Jika Anda sedang memilih pencahayaan yang tepat bagi kamar tidur, berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam menciptakan pencahayaan yang bisa jadi penghias kamar.

Perhatikan tipe pencahayaan yang Anda ingin dan butuhkan untuk kamar tidur. Pencahayaan juga bisa jadi cara yang pas untuk menambahkan unsur menyenangkan dan unik sebagai dekorasi kamar. Seperti lampu meja di sisi tempat tidur yang bisa menyediakan pencahayaan seimbang dan simetris. Anda juga bisa mendapatkan efek yang serupa dengan menggunakan lampu gantung di kedua sisi tempat tidur.

Jika Anda ingin menambahkan pencahayaan yang lembut di kamar tidur dengan menambahkan sumber pencahayaan lain juga pilihan yang tepat. Anda bisa menambahkan satu lampu tepat di titik tengah ruangan sebagai sumber cahaya utama. Kemudian, tambahkan lampu dinding untuk menambahkan suasana. Lampu dinding hanya akan menerangi sudut-sudut tertentu yang tidak dapat dicapai lampu dari plafon. Lampu lantai yang tinggi dan dapat berdiri sendiri tanpa meja pun bisa Anda manfaatkan untuk efek ini.

Selanjutnya, pertimbangkan setiap lampu yang Anda pilih tersebut akan digunakan dalam kamar. Tidak semua lampu cocok diletakkan di sisi tempat tidur, dan tidak semua sudut kamar juga cocok sebagai tempat lampu bertudung (shade) besar. Selain itu, pastikan juga ada sumber listrik (stopkontak) tidak jauh dari tempat Anda ingin menaruh lampu. Pertimbangkan pula jumlah cahaya yang diinginkan di setiap sudut kamar tidur. Jika area kerja Anda menyatu dengan kamar tidur, pastikan lampu meja atau lampu lantai tidak jauh dari area tersebut.

Selain itu, pertimbangkan gaya dekorasi kamar. Pencahayaan merupakan bagian penting yang dapat membangun gaya dekorasi. Misalnya kamar bergaya industrialis. Menggunakan rumah lampu khas pabrik atau lampu studio akan tampil serasi dengan dekorasi berwarna hitam dan beton ekspos.

Kemudian yang terakhir, cek di mana Anda menempatkan tombol untuk menyalakan dan mematikan lampu. Terlalu jauh menempatkan tombol lampu di kedua sisi tempat tidur bisa menyulitkan Anda. Sebaiknya, letakkan tombol lampu baca di kedua sisi tempat tidur tidak jauh dari lampunya. Namun, Anda bisa menempatkan tombol lampu di dekat pintu untuk lampu yang diletakkan di plafon.

Sumber: kompas.com

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest