Follow Us

Tips Pencahayaan di Kamar Mandi

Sabrina Alisa - Kamis, 11 Agustus 2016 | 08:39
Tips Pencahayaan di Kamar Mandi
Sabrina Alisa

Tips Pencahayaan di Kamar Mandi

iDEAonline.co.id - Ada tips khusus untuk pencahayaan di kamar mandi. Seperti ruang lainnya, kamar mandi juga butuh pencahayaan. Selain agar nyaman dan aman beraktivitas, pencahayaan juga membuat kamar mandi tampil menawan. Namun, karena kondisi ruangnya berbeda dengan ruang lain, pencahayaan di kamar mandi membutuhkan beberapa perhatian khusus.

Saat siang hari,manfaatkan sumber cahaya alami, yaitu sinar matahari. Jika tidak memungkinkan adanya lubang cahaya dari dinding, buat jalur cahaya matari dari plafon. Sinar matahari juga menerangi kelembapan di kamar mandi.Gunakan lampu yang dibuat khusus untuk area lembap. Lampu jenis ini memiliki fitur antiembun, yang menghindarkan terjadinya embun pada rumah lampu. Embun akan membuat buram dan lampu tidak terang maksimal.Gunakan pencahayaan downlight dengan efek spot agar kamar mandi tampil lebih dramatis. Ini artinya, lampu dipasang pada beberapa titik yang menerangi area-area tertentu.Jika ada cermin, pasang lampu di sisi kanan dan kiri cermin, sejajar dengan ketinggian wajah. Ini untuk menghindarkan terjadinya bayangan yang mengganggu jika lampu dipasang di atas cermin atau jika dipasang terlalu rendah.

Saat siang hari,manfaatkan sumber cahaya alami, yaitu sinar matahari. Jika tidak memungkinkan adanya lubang cahaya dari dinding, buat jalur cahaya matari dari plafon. Sinar matahari juga menerangi kelembapan di kamar mandi.

Gunakan lampu yang dibuat khusus untuk area lembap. Lampu jenis ini memiliki fitur antiembun, yang menghindarkan terjadinya embun pada rumah lampu. Embun akan membuat buram dan lampu tidak terang maksimal.

Gunakan pencahayaan downlight dengan efek spot agar kamar mandi tampil lebih dramatis. Ini artinya, lampu dipasang pada beberapa titik yang menerangi area-area tertentu.

Jika ada cermin, pasang lampu di sisi kanan dan kiri cermin, sejajar dengan ketinggian wajah. Ini untuk menghindarkan terjadinya bayangan yang mengganggu jika lampu dipasang di atas cermin atau jika dipasang terlalu rendah.

Semoga bermanfaat!

Foto Adeline Krisanti

Properti Sumartono Tan & Henny, Sunter Icon, Sunter, Jakarta Utara

Desain Steven Tanzil (Koerie Design)

Editor : Sabrina Alisa

Latest