Follow Us

Natural Berkat Material Alam

Devi F. Yuliwardhani - Rabu, 15 Agustus 2012 | 01:15
Natural Berkat Material Alam
Devi F. Yuliwardhani

Natural Berkat Material Alam

Bangunan dua tingkat yang terletak di tengah kota Bogor ini tampil alami. Rumah tersebut terbuat dari bata ekspos yang dipadu dengan material bambu. Yang menarik, bagian fasad rumah dipercantik dengan ragam jenis tanaman hias. Koloni tanaman tersebut tersusun rapi di dalam pot-pot, baik yang diletakkan di taman depan atau digantung. Pot-pot diisi bunga airis, paku suplir (Adiantum capillus-veneris L.), anggrek, zodia (Evodia suaveolens) pohon penolak nyamuk, dan lainnya.

"Saya memang mempunyai visi untuk tak sekadar membangun rumah dan taman. Lebih dari itu saya ingin merasakan suasana pedesaan yang sejuk nan dan asri. Untuk itu, saya dan istri sepakat untuk memadupadankan beberapa material alam seperti batu bata, bambu, dan bermacam tanaman," tutur Bambang Harry, sang empunya rumah.

Untuk membuat suasana rumah makin sejuk, Anda bisa membuat penghawaan alami seperti lubang angin. Caranya tak sulit, tinggal susun batu bata selang-seling hingga membentuk lubang-lubang di beberapa bidang dinding. Hasilnya, sirkulasi udara pun makin lancar.

Foto: iDEA/Licco Indrawan

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest