Follow Us

Menarik Alam ke Dalam Rumah

Devi F. Yuliwardhani - Sabtu, 24 November 2012 | 07:53
Menarik Alam ke Dalam Rumah
Devi F. Yuliwardhani

Menarik Alam ke Dalam Rumah

Kali ini, rumah yang kami liput adalah salah satu karya arsitek ternama yang sudah banyak menghasilkan masterpiece karya arsitektur. Dia adalah Andra Matin. Rumah karya Andra Matin ini terletak di Tanah Teduh, Pejaten. Rumah yang berdiri di atas lahan 2 hektar ini memang teduh berkat pohon kapuk besar pada area taman. Selain itu, banyak pohon rimbun yang tumbuh di sekitar rumah. Bahkan, ada pohon yang tumbuh di dalam rumah. Pohon tersebut menembus plafon dan menjulang tinggi hingga ke kamar mandi di lantai 2. Sang Arsitek seperti ingin memindahkan alam ke dalam rumah. Memindahkan udara, cahaya, bahkan pohon alami ke dalam rumah.

Agar sirkulasi udara berjalan dengan lancar, arsitek menggunakan roster berukuran 20cm x 20cm yang didesain sendiri. Selain dapat mengalirkan udara dan cahaya dengan baik, roster tersebut dapat menahan air hujan yang masuk ke dalam rumah. Penggunaan roster juga dapat mengurangi penggunaan AC di siang hari.

Untuk pencahayaaan, Andra Matin menggunakan kaca tempered sebagai salah satu partisi dinding. Kaca tempered menjadi jalan masuk cahaya. Selain itu, kaca tempered membuat view ke luar menjadi semakin menarik. Seperti tidak ada pembatas antara ruang dalam dengan alam luar.

Foto: iDEA/Licco Indrawan

Lokasi:Tanah Teduh, Pejaten, Jakarta Selatan.

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest