Follow Us

Papan Semen untuk Fasad. Ekspresif!

Devi F. Yuliwardhani - Selasa, 21 Mei 2013 | 09:51
Papan Semen untuk Fasad
Devi F. Yuliwardhani

Papan Semen untuk Fasad

Aplikasi finishing kamprot bukan sekadar penutup dinding. De­ngan tampilan kamprot itu, pagar tampil kasar dengan butiran semen campur pasir. Pagar ini ternyata bukan cuma meng­aplikasikan finishing kamprot, tapi juga papan fiber semen. Jadilah kombinasi dua karakter yang beda tapi padu, yakni tembok kasar dengan papan bermotif serat kayu.

Papan fiber semen diaplikasikan pada pagar rumah ini. Papan tersebut tampak di bagian atas tembok bata ber-finishing kamprot. Material itu menutup tembok bagian luar dan dalam yang bersebelahan dengan taman.

Di atas lantai pada area pagar luar terdapat bak tanaman berisi Sanseviera sp atau lidah mertua. Di bagian dalam berdiri pohon liang liu atau janda merana. Keberadaan pepohonan dan tanam­an membuat pagar menjadi teduh.

Pagar sepanjang 11m dan tinggi 2m itu ternyata juga tahan terhadap perubah­an cuaca. Di samping itu, kandungan bahan yang terdiri atas semen, serat fiber, dan mineral, membuat papan juga tak disukai rayap dan serangga lain. Papan semen itu bukan hanya dapat mempercantik pagar, tapi juga tahan lama.

Foto: Dok. iDEA/Martin

Lokasi: Hunian Paramita Wykan Sari, Kebayoran, Jakarta.

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest