Follow Us

Fasad Cantik dengan Gundukan Tanah. Keren!

Devi F. Yuliwardhani - Kamis, 23 Mei 2013 | 09:56
Fasad Cantik dengan Gundukan Tanah
Devi F. Yuliwardhani

Fasad Cantik dengan Gundukan Tanah

Rumah tanpa taman mungkin ibarat makan tanpa minum. Untuk itu, seberapa pun luas lahan, keberadaan taman tetap penting. Apalagi jika itu berada di depan rumah, seperti taman ini.

Taman bermodel kontur dengan hamparan rumput dijadikan sebagai batas rumah dengan jalan. Bentuk permukaan tanah 30cm di kiri berbatasan dengan garasi, sedangkan yang berketinggian 70cm di kanan. Perbedaan tanah ini memberi kesan lebih alami. Di samping itu, kontur juga bermanfaat sebagai pagar sekaligus buffer dari debu dan bising kendaraan.

Pada kiri dan kanan taman ditempatkan pohon Pandan Bali. Satu pohon setinggi 1,5m, satu lagi 3m. Kedua pohon menjadi peneduh dengan memberikan efek bayangan daun dan batang akibat sorotan sinar matahari.

Di balik taman terdapat kolam, yang berbatasan dengan teras. Kolam dijadikan unsur penetral panas dari matahari, suhu bangunan, dan uap jalan aspal. Udara sejuk akan berkumpul di teras, lantas masuk ke dalam rumah. Teras seluas 7,8m2 menjadi ruang transisi masuk ke dalam. Di sudut teras ditempatkam satu kursi dari rotan.

Taman dengan gundukan rumput ini mampu melunakkan kesan rumah yang kaku, menjadi alami, indah, dan memenuhi segi guna. Taman ini juga berguna sebagai pagar dan dekorasi halaman depan rumah.

Foto: Dok.iDEA/TriIlustrasi: Dok.iDEA/RiriLokasi: Hunian Keluarga Reita Giadi Kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest