Follow Us

Mewah dalam Rumah Modern Tropis

Febrina Syaifullana (@vinna_mooo) - Rabu, 08 Januari 2014 | 04:00
Mewah dalam Rumah Modern Tropis
Febrina Syaifullana (@vinna_mooo)

Mewah dalam Rumah Modern Tropis

Rumah dengan desain arsitektur modern tropis ini tampak megah. Fasadnya berbalut dinding dan kolom beton yang kokoh. Di dalamnya terdapat ruang-ruang yang besar dan terbuka. Elemen dan dokorasi pun disesuaikan dengan keberadaan ruang yang besar-besar itu.

Arsitek Jeffrey Budiman berhasil mewujudkan keinginan pemilik, yang menginginkan rumah berkesan luas dan megah. Berada di rumah modern tropis milik keluarga Harja Sigit ini serasa berada di gedung besar, layaknya seluas 1.000m2. Padahal luas bangunannya hanya 600m2, yang berdiri di atas lahan 480m2 di kawasan Bumi Serpong Damai, Tangerang.

Bangunan di atas tanah dimanfaatkan maksimal. Tak ada garasi di sini. Jeffrey membuat lantai semi-basement sebagai tempat mobil itu. Untuk membuatnya, tanah digali 1,2m dan permukaan ditinggikan 1,7m. Jadi, lantai semi-basement itu bertinggi sekitar 2,9m.

Penataan ruang pun disiasati dengan menerapkan konsep terbuka, khas hunian tropis yang kemudian dikemas dalam tampilan yang lebih modern. Ada permainan sekat di sini, dengan meminimalisasi sekat masif dan memanfaatkan sekat kaca yang transparan. Bukaan-bukaan pun lebar-lebar. Dengan begitu, sirkulasi udara lancar dan pencahayaan baik

Detail elemen rumah pun digarap dengan kreatif, sehingga material lokal yang natural dapat tampil maksimal. Lihat saja permainan pada dinding fasad. Pemasangan batu andesit dengan pola susun sirih menimbulkan tekstur dan memunculkan efek gradasi cahaya yang menarik.

Foto: iDEA/Richard Salampessy

Lokasi: Hunian Sigit Harja, Bumi Serpong Damai

Editor : Febrina Syaifullana (@vinna_mooo)

Latest