Follow Us

Unik, Panel Surya Bisa Dijadikan Fasad

Devi F. Yuliwardhani - Kamis, 20 Maret 2014 | 12:30
Unik Panel Surya Bisa Dijadikan Fasad
Devi F. Yuliwardhani

Unik Panel Surya Bisa Dijadikan Fasad

Panel surya tak selalu dipasang pada atap rumah. Selain bisa menyerap energi, panel surya bisa dijadikan fasad yang cantik dan melindungi rumah dari sinar matahari.

Salah satunya seperti di Studio Bernstrand ini. Studio arsitek yang berbasis di Stockholm, Swedia ini menggunakan sistem modular yang mengintegrasikan panel surya ke bagian depan bangunan tempat tinggal.

Mereka menggunakan awning, jendela, serta balkon sebagai tempat memasang panel surya. Selain melindungi dari panas matahari, pada yang sama juga panel ini menangkap banyak energi matahari untuk disimpan.

Desain dan penempatan potongan panel surya itu berdasarkan jumlah maksimum sumber cahaya matahari yang masuk. Bernard memanfaatkan matahari lewat jendela yang membuka dan menutup, melalui awning bergerak masuk dan keluar, serta teras atau balkon yang aktif dipenuhi cahaya matahari.

Modul yang disiapkan pun terdiri dari tiga jenis, balkon depan, awning, serta jendela pada semua jendela. Balkon dibangun untuk mencegah bayangan matahari di jendela dengan bukaan 400 mm di sisi rumah. Sementara itu, awning diposisikan di atas jendela dan dapat terus disesuaikan untuk memberikan pilihan seberapa maksimal sinar matahari mencapai balkon.

Nah, bagaimana dengan inspirasi panel surya dijadikan fasad rumah ini? Menarik bukan iDEA-Lovers!

Sumber: kompas.com

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest

Popular

Tag Popular