Follow Us

Tom Kundig Rancang Fasad Bergerak

Devi F. Yuliwardhani - Rabu, 26 Maret 2014 | 08:00
Tom Kundig Rancang Fasad Bergerak
Devi F. Yuliwardhani

Tom Kundig Rancang Fasad Bergerak

iDEAonline.co.id - Ide manusia tidak pernah ada habisnya, termasuk ide Tom Kundig dalam merancang sebuah dinding fasad bergerak, yang bisa digerakkan ke atas maupun ke bawah. Ide ini ia terapkan pada saat merenovasi sebuah galeri yang terletak di Los Altos.

Kundig yang merupakan bagian dari Olson Kundig Architects ini menerapkan konsep yang menarik. Dinding yang terbuat dari perpadukan kaca dan besi pada bangunan ini bisa ditarik ke atas, atau diturunkan ke bawah dengan menggunakan sistem katrol. Rancangannya ini merupakan satu dari sepuluh rancangan inovatif di Los Altos pilihan SF MoMa.

Besi setinggi lima meter digunakan sebagai pembatas bangunan ini. Pada besi tersebut ditempatkan kantro. Dengan pemasangan yang seimbang, dinding yang terbuat dari kombinasi kaca dan besi itu dapat diangkat ke atas.

Pada saat dinding besi itu naik ke atas, ruangan bagian bawah akan terkesan jauh lebih luas, karena menyatu dengan ruangan luar.

Selain dinding kaca yang diatur menggunakan katrol tersebut, galeri yang sudah dibuka sejak 2013 ini juga memiliki sebuah pintu putar yang digunakan sebagai akses masuk lain ke dalam galeri.

-

Sumber : dezeen.com

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest

Popular

Tag Popular