Follow Us

Wuwungan, etnik cantik Penghias Atap Rumah

Maulina Kadiranti - Senin, 20 Oktober 2014 | 07:35
Wuwungan etnik cantik Penghias Atap Rumah
Maulina Kadiranti

Wuwungan etnik cantik Penghias Atap Rumah

iDEAonline.co.id - Beberapa orang menginginkan rumahnya memiliki ciri khas. Biasanya mereka akan membuat ciri khas pada warna cat rumah atau pagar. Sehingga jika ada tamu yang ingin mengunjungi rumah mereka, si tamu akan lebih mudah mengenali rumahnya.

Ada variasi lain untuk membentuk ciri khas pada rumah. salah satunya yaitu memberi penanda di bagian atas atap rumah, tepatnya di kerpus (bubungan rumah). Ornamen penghias atas atap rumah ini disebut wuwungan.

Selain sebagai penanda rumah, wuwungan juga bisa menjadi aksesoris yang memperindah tampilan depan rumah Anda. Wuwungan terdiri dari dua jenis, yaitu wuwungan utama dan wuwungan pinggiran. Wuwungan utama diletakkan di atas atap rumah. sedangkan wuwungan pinggiran ditempatkan di pinggiran atap.

bentuk atau model wuwungan ada berbagai macam. Misalnya, bentuk naga, gunungan wayang, kera, anjing, merpati, bunga, dan mahkota. Wuwungan masih dibuat di kota-kota kecil di Yogyakarta dan Jawa Tengah, seperti Boyolali, Pati, Jepara, dan Kebumen.

Lokasi: Rumah Ibu Ratna, Kebon Jeruk, Jakarta Barat

Sumber: IDEA doc

Editor : iDEA

Latest