Follow Us

Ini Dia Inpirasi Pintu Etnik pada Bangunan Modern

- Jumat, 07 April 2017 | 10:00
Pintu Etnik Pada Bangunan Modern
idea

Pintu Etnik Pada Bangunan Modern

iDEAonline - Konsep tradisional khas Indonesia masih menjadi pilihan bagi beberapa orang untuk mendesain huniannya. Sebagaian ada yang menerapkan konsep ini ke seluruh bagian rumahnya, ada pula yang memberikan sedikit saja sentuhan tradisonal untuk huniannya. Rumah berikut ini sebenarnya berkonsep modern, namun pemiliknya memberikan sentuhan etnik di beberapa bagian rumah. Salah satunya dapat kita lihat pada pintu gebyok sebagai pintu utama untuk akses masuk ke dalam rumah.

Hunian milik keluarga Amrih di Pasar Minggu, Jakarta Selatan ini memilih pintu gebyok khas Jepara sebagai pintu utama. Menurut pemiliknya, pintu yang bernuansa etnik tersebut digunakan untuk mencegah kejenuhan. Oleh karena itu, fasad rumah keluarga Amrih yang bergaya modern lalu diberi sentuhan tradisional pada fasad rumah sampai ke interior rumah.

Ada beberapa bagian rumah yang diberi sentuhan tradisional. Di samping pintu gebyok khas Jepara, terdapat pula aksesori khas Bali, seperti payung bertingkat hingga bendera-bendera kecil di taman. Interior rumah juga bernuansa tradisional. Hal tersebut terlihat dari furnitur yang digunakan. Misalnya, komposisi permainan kayu dan batu alam pada beberapa sudut ruang. Aksesori tersebut secara tidak langsung memberi sentuhan tradisional yang dapat menarik perhatian.

Foto: Adrian Mulia

Lokasi: Rumah keluarga Amrih, Pasar Minggu, Jakarta Selatan

Editor : Maulina Kadiranti

Latest