Follow Us

Tips Mengecat yang Aman dan Menyehatkan

Maulina Kadiranti - Kamis, 31 Desember 2015 | 03:00
Tips Mengecat yang Aman dan Menyehatkan
Maulina Kadiranti

Tips Mengecat yang Aman dan Menyehatkan

iDEAonline – Hampir sebagian besar cat, baik yang water baseatau yang solvent basememiliki efek negatif terhadap tubuh manusia. Bahan-bahan kimia yang terkandung di dalamnya, sangat berbahaya terhadap tubuh. Cat berbahan dasar solvent basemisalnya, ada yang terbuat dari campuran minyak dan resin. Beberapa merek cat tembok yang water basepun terkadang masih menggunakan logam berat penyebab kanker seperti merkuri.Bahan kimia ini sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Yuk CekTips Mengecat yang Aman dan Menyehatkandisini.

Kita tentu tak ingin efek buruk cat itu menimpa. Maka dari itu, ketika mengaplikasikan cat, perhatikan faktor-faktor keselamatan saat menggunakannya.

1. Gunakan masker

Sebagian besar cat mengeluarkan bau tajam saat diaplikasikan hingga beberapa hari kemudian setelah proses pengecatan berakhir. Bau cat ini muncul disebabkan oleh bahan kimia yang terkandung di dalamnya. Dan, yang namanya bahan kimia, sedikit atau banyak, dapat berpengaruh buruk terhadap tubuh manusia. Untuk menghindari efek negatif bau cat, gunakan masker saat melakukan pengecatan, terutama jika Anda menggunakan cat berbahan dasar minyak (solvent base).

2. Pastikan ventilasi cukup

Bau tajam cat saat proses pengecatan atau setelahnya dapat diminimalisir jika udara ruangan mengalir lancar. Untuk itu, selama proses pengecatan, pastikan ventilasi pada ruangan/area pengecatan cukup lebar. Pastikan juga aliran udaranya lancar. Jika udara tak mengalir lancar, dapat saja dipertimbangkan untuk memasang kipas angin yang berfungsi mengalirkan udara ke luar ruangan.

3. Gunakan sarung tangan

Olehkarena cat merupakan benda cair, maka saat aplikasi, beberapa tetas cat bisa saja mengenai tubuh. Tangan menjadi bagian tubuh yang paling sering terkena cipratan cat. Untuk mencegah hai itu, gunakan sarung tangan plastik atau kain saat mengecat. Jika tangan terkena cat, segeralah bersihkan. Jangan menunggu hingga kering, karena kemungkinan besar cipratan cat itu akan semakin sulit dihilangkan.

4. Gunakan pelindung mata

Cipratan cat juga mungkin mengenai bagian kepala, terlebih jika kita mengecat bagian atas dinding, atau plafon ruangan. Mencegah cipratan cat mengenai mata, gunakanlah pelindung mata (kaca mata atau google). Jika, tanpa sengaja cipratan cat jatuh mengenai mata, segera bilas dengan air bersih. Jika cat tak kunjung hilang, segeralah pergi ke dokter.

Foto: coldwellbanker.com

Editor : Maulina Kadiranti

Latest