Follow Us

Desain Fasad Bermotif Mawar Pertama ada di Beijing

Sabrina Alisa - Senin, 18 Juli 2016 | 03:14
Desain Fasad Bermotif Mawar Pertama ada di Beijing
Sabrina Alisa

Desain Fasad Bermotif Mawar Pertama ada di Beijing

iDEAonline.co.id - Desain fasad berbentuk bunga mawar ini memang sengaja didesain untuk festival mawar yang diadakan di Negeri Tirai Bambu, Tiongkok. Mawar merupakan salah satu dari sepuluh bunga tradisional Tiongkok.

Mawar dalam tradisi Tiongkok melambangkan cinta, persahabatan, perdamaian, musim semi abadi dan selamanya. Sehingga, hal tersebut telah jauh pengaruh pada kehidupan kita sehari-hari.

Karena pentingnya mawar bagi rakyat Tiongkok, museum untuk bunga mawar pun dibangun dan dirancang oleh Arsitek NEXT. Bangunan museum tersebut pun didesain dengan fasad berpola mawar. Ditutupi oleh stainless steel berlubang seluas 300 meter, bangunan tersebut tampak stunning.

"Museum mawar ini bertujuan untuk menciptakan arsitektur baru untuk Cina, di mana sejarah dan modernitas, seni, dan arsitektur bercampur menjadi satu," papar arsitek NEXT mitra Tiongkok, Jiang Xiaofei

Tidak hanya itu yang menjadikannya cantik, "lubang" pola mawar tersebut pun membuat bagian dalam museum dilimpahi oleh sinar matahari. Sedangkan saat malam hari, pencahayaan dari dalam museum terpancar keluar sehingga membuat museum terlihat menakjubkan.

"Tantangan utama dengan museum mawar adalah untuk menemukan identitas Tiongkok modern untuk bangunan yang penting begitu berakar dalam budaya Tiongkok," ujar John van de water, partner di arsitek NEXT.

Terletak di Beijing, 17.000 m2 Beijing Rose Museum akan menjadi tempat utama Pameran Rose International 2016. Ini akan menampilkan 2.000 spesies bunga yang juga memiliki sejarah panjang dalam budaya Tiongkok.

Sumber: designboom.com

Foto: xiao kaixiong via designboom.com

Editor : Sabrina Alisa

Latest