Follow Us

Pagar Rumah Serupa Sulur Tanaman

Annisa Q. Aini - Jumat, 21 Juni 2013 | 10:11
Pagar Rumah Serupa Sulur Tanaman
Annisa Q. Aini

Pagar Rumah Serupa Sulur Tanaman

Bentuknya tak seperti pagar biasa yang berdiri tegak atau lurus-lurus. Pagar besi di rumah Handrawan Nadesul ini melengkung-lengkung, paduan huruf "S", "C", dan "U". Jika dilihat lebih saksama, ada hiasan dahan dan daun yang meliuk-liuk merambati lengkungan-lengkungan itu.

Pagar besi ini memiliki panjang 8m dengan tinggi 120cm. Jenisnya besi solid berbentuk kotak berukuran 16mm. Terdapat empat modul, yaitu dua modul panjang dua modul sedang -sebagai pintu ke garasi-- dan satu modul pendek -untuk pintu gerbang. Setiap modul dibatasi oleh besi kotak besar yang berdiri tegak.

Mau tahu berapa biaya yang diperlukan untuk membuat pagar seperti ini? Relatif terjangkau, kok. Sekitar Rp 200.000-Rp 500.000/ meter persegi. Perbedaan harga sangat tergantung dengan pilihan bahan, ukuran, dan proses pembuatannya.

Ada lagi yang cantik dari tampilan luar rumah ini, selain pagar. Di lintasan jalan menuju pintu masuk utama terdapat elemen jembatan dan cerukan air. Jembatan berukuran 80cm x 160cm. Pijakannya dari kayu jati dengan besi plat sebagai railling-nya. Cerukan berbentuk kurva di bawah jembatan memiliki kedalaman 60cm. Elemen dekoratif ini menampilkan suasana alam pedesaan.

Duet pagar dan jembatan ini berhasil membuat tampilan rumah lebih ramah dan menarik. Tak heran, kalau Anda kebetulan melewati rumah ini, timbul rasa penasaran, secantik apa ya bagian dalam rumahnya?

Foto: iDEA/ Dean Martin Saerang

Lokasi: Rumah Hendrawan Nadesul, Jakarta Selatan

Original publish 2010

Editor : Annisa Q. Aini

Latest