Follow Us

Inilah Solusi Mengusir Karat di Pagar Besi

Maulina Kadiranti - Sabtu, 31 Mei 2014 | 06:10
Inilah Solusi Mengusir Karat di Pagar Besi
Maulina Kadiranti

Inilah Solusi Mengusir Karat di Pagar Besi

iDEAonline.co.id - Pagar besi memiliki masalah yang tidak jauh dari karatan dan cat yang terkelupas Ketika keduanya dibiarkan, maka tampilan rumah akan terlihat kusam dan tidak terawat karena pagar bagaikan first impression bagi orang-orang yang melihat rumah Anda. Untuk itu penting bagi Anda menuntaskan masalah yang sering dialami pagar besi, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Karat

Seiring waktu, besi pasti akan berkarat. Untuk itu, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menggosok area karat dengan sikat kawat. Jangan lupa gunakan sarung tangan, pengaman mata, dan masker untuk mengindari terkena luka atau goresan yang dapat menyebabkan infeksi. Kemudian, hapus karat yang tersisa dengan lap yang telah dilembabkan dengan mineral spirits (sejenis thinner tak berbau). Ganti lap jika sudah terlau kotor, jika tidak, bekas karat yang ada di lap akan kembali menggores pagar.

Membersihkan

Sebelum mulai mengecat, sebaiknya Anda mencuci pagar Anda terlebih dahulu. Penuhi sebuah ember dengan air panas dan sabun. Gunakan lap yang telah Anda rendam di ember tersebut untuk membersihkan pagar. Semprotkan dengan air selang, kemudian keringkan semalaman.

Pengecatan

Ketiga, mulailah proses pengecatan pagar rumah. Gunakan primer sebagai dasar. Bekerjalah dengan cepat melapisi seluruh pagar Anda. Berikan waktu setidaknya satu hari hingga cat primer mengering. Setelah primer mengering, lapisi dengan cat besi. Tunggu hingga cat mengering, lapisi kembali dengan lapisan kedua. Anda juga bisa menggunakan kape untuk mengikis noda dan kotoran menempel. Baru kemudian, gunakan ampelas halus dan lap kering untuk menghilangkan kotoran. Kemudian, beri dempul untuk menyamakan permukaan yang tidak rata. Setelah kering, ampelas kembali, beri lapisan cat dasar dengan cat alkali cepat kering. Cat kembali dengan campuran cat dan thinner, kemudian sapukan cat besi. Tunggu hingga 24 jam, kemudian aplikasikan finishing.

Sumber : http://properti.kompas.com

Foto: pagarbesi

Editor : Maulina Kadiranti

Latest