Follow Us

Lapisan Pagar Anti Karat Multifungsi

Maulina Kadiranti - Jumat, 27 Februari 2015 | 06:00
Lapisan Pagar Anti Karat Multifungsi
Maulina Kadiranti

Lapisan Pagar Anti Karat Multifungsi

iDEAonline.co.id- Setiap pagar memiliki masalahnya masing-masing, namun masalah paling umum yang sering ditemui adalah pagar besi yang cepat berkarat. Penyebabnya bisa macam-macam, seperti air hujan atau bahkan cuaca yang tidak menentu. Bisa jadi pagar besi yang cepat berkarat karena tidak memiliki lapisan pagar yang anti karat.

Ada masalah tentu ada solusi, maka itu sudah tersedia cara-cara melapisi pagar agar tidak berkarat. Salah satu yang paling umum adalah melapisinya dengan cat. Namun cat memiliki kekurangan, yaitu mudah terkelupas dan besi berkarat lagi. Akibatnya, harus ada perawatan rutin yaitu pengecatan kembali yang akan memakan biaya.

Solusi terbaru adalah melapisi permukaan pagar besi dengan teknologi bernama Fotokatalisis. Proses kerjanya mendapat bantuan dari cahaya yang berasal dari sumber spektrum cahaya matahari seperti cahaya tampak, UV, dan sebagainya. Teknologi ini dapat diaplikasikan untuk lapisan pagar anti karat pada besi dengan membuat larutan katalis. Katalis adalah senyawa yang mampu membantu suatu senyawa, atau bahan untuk bereaksi dengan senyawa lain ataupun lingkungan dengan lebih baik.

Salah satu keunggulan yang bermanfaat untuk pagar besi Anda, tentunya menjadi lapisan anti karat. Cara kerjanya untuk membuat lapisan anti karat ini dengan membuat larutan dari katalis. Katalis yang biasa digunakan adalah Titanium Dioksida. Bahan tersebut murah, mudah dicari, dan ramah lingkungan. Cara membuat larutannya dengan mencampurkan Titanium Dioksida berbentuk serbuk putih dengan air, setelah melalui beberapa proses di laboratorium, akan menjadi larutan yang juga berwarna putih susu akan melapisi besi nantinya.

Cara pelapisannya dengan mengoleskan besi seperti dengan cat, lalu mengeringkannya dengan suhu tinggi agar katalis dapat menempel ke besi. Dengan lapisan katalis dibandingkan dengan besi yang tidak dilapisi, besi tidak mengalami karat, sedangkan besi yang tidak dilapisi menjadi berkarat setelah dua hari.

Dengan menggunakan Teknologi Fotokatalisis, munculnya lapisan anti karat ini, juga tentu ada peluang diikuti dengan keunggulan Teknologi Fotokatalisis yang lainnya seperti swabersih, swa-steril, purifikasi udara, dan sebagainya.

Sumber : teknologi.kompasiana

Foto: cristfence.com

Editor : Maulina Kadiranti

Latest