Follow Us

3 Keunikan di Teras Depan

Devi F. Yuliwardhani - Jumat, 09 Agustus 2013 | 03:00
3 Keunikan di Teras Depan
Devi F. Yuliwardhani

3 Keunikan di Teras Depan

Keunikan pertama hadir dari aplikasi potongan kayu bangkirai yang membentuk tiga bidang. Satu sebagai pintu, dua lainnya sebagai pagar. Masing-masing bidang berukuran 3,5m x 3m dengan ketebalan 10cm. Bidang-bidang itu berasal dari potongan kayu kaso 5/7 yang disusun maju-mundur 1cm, ditumpuk menyerupai anyaman lalu direkatkan menggunakan lem khusus.

Kedua, rangka besi sebagai tumpuan sekaligus bingkai anyaman kayu tadi. Rangka berupa balok baja kanal H yang dapat mendistribusikan beban. Dari ujung bawah balok terpasang kabel baja yang ditarik diagonal ke ujung atas, gunanya untuk menahan dan stabilisasi beban anyaman kayu yang memiliki berat 1 ton. Ketiga bidang tersebut bertumpu pada tiang-tiang baja bulat yang di dalamnya terdapat bearing, sehingga dapat digerakkan secara otomatis.

Ketiga, atap teras yang merupakan jejaring kabel baja. Jejaring ini disangkutkan ke ujung atas tiang dan balok baja. Bentuknya tipis, beberapa tanaman rambat diletakkan di sana untuk peneduh sekaligus menghilangkan efek kaku pada rangka.

Foto: iDEA/Martin

Teks: Indra/Dwiyasista

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest