Follow Us

Percantik Kanopi Agar Tak Sepi

Putri Dwimirnani - Minggu, 23 Juni 2013 | 03:10
Percantik Kanopi Agar Tak Sepi
Putri Dwimirnani

Percantik Kanopi Agar Tak Sepi

Meski hanya berupa pelengkap, bentuk kanopi harus disesuaikan dengan desain rumah. Sebab, secara tak langsung kanopi merupakan bagian dari fasad. Nggak lucu dong kalau rumah jadi terlihat jelek gara-gara itu?

Itulah mengapa kanopi pada kediaman Ir. Pramudiyarto Hadisoebroto ini didesain dengan maksimal. Tak hanya mengandalkan atap seadanya, beliau menghiasnya dengan bilah-bilah kayu jati.

Agar kayu tak termakan cuaca, kanopi dilindungi oleh material lain di bagian atasnya. Bisa dengan akrilik atau polikarbonat, yang penting bisa meneruskan cahaya matahari ke bawah. Prinsip desain yang diusung Pramudiyarto memang mengurangi konsumsi listrik.

Carport pun terang di siang hari tanpa perlu menyalakan lampu. Lebih dari itu, efek bayangan yang ditimbulkan ketika matahari bersinar terang mampu memperindah suasana.

Agar lebih cantik, sebuah lampu di tengah dibungkus dalam kotak kayu bergaris vertikal. Tidak banyak ornamen, tapi selaras dengan elemen garis dari kayu di sepanjang kanopi. Dengan membuat efek garis horizontal pada atap, area carport pun terasa lebih lapang.

Kalau carport diolah dengan baik, terlihat lebih manis, bukan? Tak perlu berlebihan, yang penting nyaman di mata.

Lokasi: Kediaman Ir. Pramudiyarto Hadisoebroto

Foto: iDEA Online/Rasantika M. Seta

Original publish 2009

Editor : Putri Dwimirnani

Latest