Follow Us

Kiat Merawat Pintu Garasi

Devi F. Yuliwardhani - Jumat, 11 April 2014 | 12:30
Kiat Merawat Pintu Garasi
Devi F. Yuliwardhani

Kiat Merawat Pintu Garasi

iDEAOnline.co.id - Pintu garasi merupakan salah satu pintu masuk rumah di samping perannya sebagai penjaga kendaraan bermotor. Beratnya yang mencapai 250kg dapat membahayakan anak kecil dan bahkan orang dewasa bila rusak.

Tak hanya membahayakan penghuni rumah, pintu garasi yang rusak juga mengundang pencuri masuk ke rumah. Untuk itu penting merawat juga memastikan pintu garasi aman digunakan. Serta memastikannya dapat bekerja dengan baik. Berikut ini kiat merawat pintu garasi yang perlu Anda ketahui.

1. Pertama, periksa trek, roll dan engsel pintu garasi. Debu dan oli dapat menjadi penghuni tetap pada komponen pintu garasi ini. Debu dan oli tadi dapat menyebabkan pintu garasi menjadi seret. Bersihkan dengan menggunakan kain yang lembab. Jika sangat berminyak atau berdebu, cobalah gunakan tinta tiner atau mencucuinya dengan sabun.

2. Dengan pintu garasi tertutup, periksa perkakas seperti baut, obeng atau barang barang lain yang Anda simpan di garasi tidak menghilang. Jika ada yang hilang, pererat perkakas dengan menggunakan kunci pas atau perbaiki tempat penyimpanannya.

3. Setelah bersih, minyaki pintu garasi. Pintu garasi yang kekurangan minyak juga dapat membuat pintu jadi seret. Gunakan semprotan khusus pelumas pintu garasi, semprotkan cukup banyak. Jangan gunakan pelumas cair karena dapat menarik debu dan kotoran. Usap pelumas berlebih dengan menggunakan handuk atau kain.

4. Sekarang coba periksa weather stripping (semacam karet) yang terletak di bawah pintu garasi. Coba tutup pintu, jika pintu tidak tertutup sempurna, berarti ini saatnya mengganti weather stripping dengan yang baru.

5. Jika Anda memiliki garasi otomatis, cobalah tes lampu indikator elektrik yang terletak di ujung trek pitu garasi. Tempatkan dua dari empat lampu pada wadah lampu indikator lalu tekan tombol untuk menutup pintu. Jika bisa bekerja dengan baik, pintu garasi tidak akan bergerak seinci pun.

6. Beberapa garasi menggunakan sensor tekanan. Tempatkan benda apapun pada trek pintu garasi dan tekan tombol untuk menutupnya. Jika sensor bekerja dengan baik, pintu garasi Anda akan kembali terbuka secepat mungkin ketika mengenai beda tadi.

Foto:www.chambergaragedoor.co.uk

Sumber: www.brightest.com

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest