Follow Us

Modern dengan Carport atap kaca sandblast

Devi F. Yuliwardhani - Selasa, 24 Maret 2015 | 11:31
Modern dengan Carport atap kaca sandblast
Devi F. Yuliwardhani

Modern dengan Carport atap kaca sandblast

Aplikasi kaca untuk atap carport cukup digemari. Sebelumnya, kaca diaplikasikan sebagai bahan skylight, tetapi di sini kaca berperan sebagai bidang transparan agar sinar matahari masuk ke dalam rumah. Selain praktis dipasang, kaca mudah dibersihkan jika debu melekat pada permukaannya. Cukup disiram air, beres deh! Selain beratap kaca, ada empat daya tarik lain pada carport ini. Pertama, konstruksinya menggunakan struktur rangka berbahan beton bertulang. Terdiri dari empat jajaran tiang dan balok yang menyerupai portal. Setiap portal bertumpu pada fondasi setempat yang diikat dengan sloof. Pengikatan itulah yang membuat carport kaku sekaligus kuat menahan getaran.

Kedua, stiker sandblast berwarna putih kebiruan untuk melapis bagian bawah kaca. Efek stiker membuat sebagian kaca terlihat buram. Jika tersorot matahari, stiker menciptakan bayangan pada lantai, sehingga ruang di bawahnya teduh.Ketiga, penggunaan lampu yang berpendar cahaya putih, bukan kuning yang berefek temaram. Dipasang pada bagian bawah tiang (pedestal), tengah tiang, dan balok yang melintang. Lampu menggunakan jenis TL yang dibungkus kaca.

Keempat, aplikasi lantai keramik dua warna: hitam dan putih. Keramik disusun membentuk bidang kotak di bagian tengah. Bahan keramik terbilang mudah dibersihkan. Cukup disemprot air, debu pun bakal "melorot" ke selokan depan rumah.

Foto: Dok. iDEA/Tri

Lokasi: Hunian Aminudin Hidayat & Risa Triani

Sumber: iDEA Books "Ragam Ruang Luar"

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest