Follow Us

Melati, Bunga Anggun dan Eksotik

Rasantika M. Seta - Selasa, 10 November 2009 | 06:25
Melati Bunga Anggun dan Eksotik
Rasantika M. Seta

Melati Bunga Anggun dan Eksotik

Ternyata selain terdapat jenis bunga yang berwarna pink dan kuning, Melati mempunyai banyak manfaat yang sangat potensial untuk dimanfaatkan lebih lanjut. Lalu bunga ini juga mempunyai arti khusus untuk mengembangkan sisi spiritual bagi orang-orang tertentu.

Banyak jenis Melati yang telah diidentifikasikan, setidaknya ada 200 jenis yang sudah dikenal dan didata. Tetapi jenis tersebut ada yang dikategorikan bunga melati sebenarnya (karena banyak tanaman yang wangi menyerupai melati digolongkan ke dalam jenis melati) dan ada beberapa yang tidak mempunyai aroma.

Untuk jenis yang sudah sering kita temui, terdapat 7 jenis tanaman yang cukup diminati, yaitu jenis Melati Primrose (Jasminum mesnyi) dengan bunga seperti mawar, kelopak bunga yang menumpuk dan bunga ada yang berwarna kuning,

Melati Downy/Melati Bintang (Jasminum multiflorum atau Jasminum nitidum) dengan bunga yang seperti bintang dan berkelopak delapan, panjang dan runcing,

Melati Musim Dingin/Winter Jasmine (Jasminum nudiflorum dan Jasminum polyanthum) yang berwarna kuning, putih dan pink.

Arabian Jasmine (Jasminum sambac) yang sangat umum kita temui dan banyak menjadi bahan minuman. Untuk jenis tertentu, terdapat pula jenis bunga melati tumpuk yang mempunyai kelopak bunga menumpuk dan tebal.

Diperkirakan Melati berasal dari berbagai negara, ada yang berasal dari negeri China (Melati Primrose /Jasminum mesnyi; Winter Jasmine/Jasminum nudiflorum; dan Jasminum polyanthum) dan India (Melati Bintang/Jasminum multiflorum dan Arabian Jasmine/Jasminum sambac) , ternyata Negara Papua juga diperkirakan sebagai daerah asal untuk jenis Melati Bintang/Angelwing Jasmine (Jasminum nitidum).

Foto: Dok. Majalah Garden

Editor : Rasantika M. Seta

Latest