Follow Us

Taman Mini di Rumah Mungil

Devi F. Yuliwardhani - Kamis, 09 Agustus 2012 | 06:59
Taman Mini di Rumah Mungil
Devi F. Yuliwardhani

Taman Mini di Rumah Mungil

Saat ini, keterbatasan ruang semakin menjadi. Pemilihan rumah mungil dengan luas kira-kira 100m2 sudah menjadi trend masyarakat saat ini. Dengan lahan terbatas, pemanfaatan lahan untuk taman tentunya menjadi lebih sedikit. Oleh sebab itu insiprasi taman ini dianggap perlu.

Taman mini ini dulunya adalah lahan kosong. Karena kebutuhan akan sirkulasi udara yang baik, pemilik memilih lahan ini menjadi taman. Taman ini menyatu dengan living room, sehingga akan menambah kesejukan ketika pemilik rumah bersantai.

Untuk menyejukan ruangan, pemilihan tanaman haruslah tepat. Letak taman yang dibatasi dinding dan masih berada di area rumah, menyebabkan cahaya matahari yang mengenai taman hanya sedikit. Oleh sebab itu, pemilihan tanaman harus cermat. Pilihlah tanaman yang bisa hidup di tempat yang cahaya mataharinya sedikit.

Selain menambah kesejukan, taman ini juga berfungsi membawa suasana tenang dan rileks. "Air yang menguncur dari gentong akan menimbulkan suara gemericik air, sehingga Anda akan terkesan berada di alam", ujar Hari Sarosa, pemilik taman ini. Sirkulasi air berawal dari gentong pertama menuju gentong kedua, lalu menuju ke tanah. Di dalam tanah sudah ada bak air berukuran 0,125 m3 yang siap menampung air. Di dalam bak terpasang pompa sirkulasi dengan daya 60 watt. Pompa tersebut yang mensirkulasikan air dari bak ke gentong pertama. Bagi Anda yang ingin menampilan suasana alam, ide ini bisa menjadi inspirasi untuk Anda.

Foto: iDEA/Adeline Krisanti

Lokasi: Hunian Hari Sarosa, Emerald View Bintaro

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest