Follow Us

Lengkung Organis di Taman Tropis

Devi F. Yuliwardhani - Rabu, 15 Agustus 2012 | 02:13
Lengkung Organis di Taman Tropis
Devi F. Yuliwardhani

Lengkung Organis di Taman Tropis

Selain cermat dalam memilih dan menata tanaman, ada cara lain untuk menambah nilai estetika taman. Herlien, desainer lansekap, mengatakan langkah mudah adalah dengan menambah elemen hardscape, seperti stepping stone, ayunan, dan gazebo. Untuk membuatnya makin dinamis, Herlien mengaplikasikan pola lengkung. Di taman ini, pola lengkung hadir dalam jalan setapak atau stepping stone.

"Stepping stone yang melengkung akan menonjol dari sebuah sisi. Jika dilihat dari depan teras, pola liukannya akan terlihat jelas, yaitu sebagai jalan menuju gazebo. Area taman ini cukup luas, jadi Saya terpikir untuk membuat pola. Sayang kalau hanya dibuat lurus," kata Herlien.

Untuk mempertegas fungsi jalan setapak di taman, Herlien membangun gazebo sebagai tempat bersantai di taman. Gazebo sederhana yang terbuat dari kayu ulin ini terletak di sudut taman dan naungi oleh pepohonan yang rindang. Keberadaan gazebo merupakan permintaan langsung dari pemilik rumah.

Akhirnya taman idaman dapat terwujud berkat padu-padan material keras dan ragam jenis tanaman tropis yang tepat. Kini, penghuni rumah dapat berkumpul dan bermain dengan segenap anggota keluarga di taman yang asri.

Foto: iDEA/Licco Indrawan

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest