Follow Us

Gaya Bali Mempercantik Sisa Lahan

Devi F. Yuliwardhani - Rabu, 24 Oktober 2012 | 00:15
Gaya Bali Mempercantik Sisa Lahan
Devi F. Yuliwardhani

Gaya Bali Mempercantik Sisa Lahan

Tak perlu pergi jauh-jauh ke Bali untuk menikmati suasananya. Anda bisa membuatnya dari lahan sisa yang ada di pojok rumah sendiri. disamping mudah, Anda tak perlu mengeluarkan banyak biaya. Yang terpenting, seimbangkan berbagai tanaman, batu alam, dan ornamen patung.

Lihatlah taman mungil ini. Meskipun sisa lahannya minim, seluas 7,5m2, suasana taman bergaya Bali ini terasa alami. Berjalan di sekitar taman ini, serasa sedang berada di pulau Dewata. Sewaktu di taman, Anda akan menikmati berbagai kerimbunan berbagai tanaman hijau seperti Irish, Filodenron, Spatipilum, Adenium, dan Tricolor, yang mirip dengan pohon kelapa. Satu kamboja jepun (Adenium obesum) setinggi 3m jadi peneduh tanaman yang lain.

Bak berbentuk lengkung membatasi tanaman hijau tersebut. bentuk itu seakan melembutkan kesan kaku pagar rumah. Selain itu juga mengarahkan jalur orang ke pintu masuk. Terdapat Pelinggih atau tempat pemujaan bagi pemeluk Hindu di pojok taman. Di sebelah kiri taman, ada koral split yang ditabur ke seluruh lantai. Planter di dekat pintu jadi penyeimbang tanaman dengan koral.

Sementara stepping berbentuk bulat yang berisi koral menjadi pijakan kaki ini untuk menghubungkan teras taman beralas batu candi dengan lantai muka pintu utama. Sebuah patung Ganesha jadi ornamen dekoratif. Tertarik membuat nuansa bali di taman Anda?

Foto: Dok.iDEA/Martin

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest