Follow Us

Taman Kering Minim Tanaman Tetap Menawan

Devi F. Yuliwardhani - Rabu, 31 Oktober 2012 | 04:39
Taman Kering Minim Tanaman Tetap Menawan
Devi F. Yuliwardhani

Taman Kering Minim Tanaman Tetap Menawan

Merancang taman kering mudah dan sederhana kok. Tak perlu banyak tanaman. Cukup dengan satu pohon saha, suasana pun terbangun. Untuk bagian alasnya, cukup menggunakan material batu koral.

Begitulah konsep taman kering satu ini. Taman seluas 10,2m2 ini berada di belakang rumah, bersebelahan dengan kamar tidur. Alas taman bukan seperti alas pada umumnya yang berupa rumput, melainkan batu koral hitam yang ditabur merata. Koral ada yang besar dan ada yang kecil, dengan diameter 3cm05cm. Di tengah taman tersebut tertancap pohon kamboja setinggi 2m. Bentuknya langsing, sehingga memberi kesan sebuah taman yang simpel.

Di depan pohon diletakkan tempayan berisi air dan tanaman eceng gondok dengan ikan cupang sebagai aksen. Tempayan yang terbuat dari tanah liat ini permukaannya berdiameter 40cm. Adapun ikan cupang ini bermanfaar untuk mencegah berkembang biaknya jentik nyamuk.

Coba Anda perhatikan, taman kering ini begitu minimalis mulai dari pohon hingga aksesori pelengkapnya. Simpel, manis, dan menawan. Tertarik untuk membuat taman kering di rumah Anda?

Oleh: iDEA/Indra, Mega Rudyanto

Foto: Dok. iDEA/Martin

Rubrik Taman iDEA 20/September 2005

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest