Follow Us

Kolam TerasTeduh dan Tetap Jernih

Devi F. Yuliwardhani - Rabu, 21 November 2012 | 00:20
Kolam TerasTeduh dan Tetap Jernih
Devi F. Yuliwardhani

Kolam TerasTeduh dan Tetap Jernih

Apakah taman Anda tertutup pohon besar serta atap teras dan atap carport? Kurangnya cahaya matahari langsung membuat area seperti ini tak akan menampilkan taman hijau dengan hamparan rumput. Lalu bagaimana solusinya? Anda dapat mengubahnya menjadi sebuah kolam.

Pada awalnya halaman ini ditanami rumput dengan pepohonan seadanya. Namun setelah beberapa lama, hamparan rumput itu tak kunjung lebat dan hijau. Berkali-kali ditambag, berkali-kali juga jenis rumput diganti, mulai dari rumput jepang hingga rumput gajah, tapi hasilnya selalu tidak memuaskan. Bahkan halaman ini sering terlihat becek dan jorok.

Kolam bukanlah bagian dari taman hijau, tapi kolamlah yang menjadi 'taman' itu. Memenuhi area berukuran 3m x 4m, kolam menjadi salah satu bagian dari ruang luar, di samping teras dan carport. Untuk desain kolam, cukup dibuat sederhana saja. Ketiga sisinya menggunakan tembok dengan lapisan susunan batu candi. Dinding keempat pada sisi luar, menempel pada pagar rumah, dibuat bergaris-garis yang mengalirkan air. Dinding ini adalah bagian dari bak filter atau penyaring air. Sedangkan untuk lantai kolam cukup dilapisi plester-aci dan waterproofing.

Pohon mangga arumanis yang sudah tumbuh besar dibiarkan di tengahnya. Sekeliling area berukuran 1m x 1m itu diberi tembok pembatas dengan tinggi di atas permukaan kolam. Air kolam pun tampak bersih dan jernih berkat saringan air yang baik dan ada tambahan filter lainnya. Namanya bioball. Filter ini akan mengambang di permukaan air dan akan menyaring kotoran terakhir sebelum air mengalir ke kolam. Manfaat lain dari bioball adalah menahan bakteri hingga air kolam tidak berjamur.

Tidak lupa, kolam dihias dengan pancuran air dari batu yag diletakkan di salah satu sudut. Sedangkan untuk tanaman dalam pot diletakkan di atas salah satu tembok dan di salah satu pojok kolam. Ikan-ikan koi dan ikan kecil berwarna tampak menjadi pengisi kolam. Ikan akan nampak riang naik ke permukaan ketika kita memberinya makanan.

Pemandangan yang menawan!

Foto: Dok. iDEA/Tri

Lokasi: Rumah Keluarga Anwar Mustaha, Pamulang, Tangerang

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest